Sukses

Ini Trik Belajar yang Tokcer ala Iqbaal Ramadhan

Iqbaal berbagi metode belajar yang selama ini ia jalani dan ia yakini efektif.

Liputan6.com, Jakarta Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan, mantan personil CJR, tetap fokus dalam bidang akademik di tengah-tengah jadwalnya yang super sibuk. Alasannya, Iqbaal tidak ingin mengkhianati kepercayaan yang telah diberikan kepadanya.

"Kalau kita lagi malas belajar itu kita lagi mengkhianati kepercayaan orang-orang yang punya kepercayaan sama kita," terang Iqbaal di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2018).

Ya, Iqbaal berpendapat apabila dirinya menyepelekan pendidikan, berarti ia telah mengkhianati kepercayaan, bukan hanya orangtuanya saja.

"Ketika kita lagi males, orangtua kita udah nyekolahin, guru-guru kita punya mimpi tentang kita untuk mencapai cita-cita. Itu kita mengkhianati mereka semua. Makanya ketika malas, push dirinya sendiri," kata Iqbaal lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Trik Belajar ala Iqbaal

Iqbaal pun berbagi metode belajar yang selama ini ia jalani dan ia yakini dapat lebih efektif. Bintang film Dilan ini sebisa mungkin menghindari waktu belajar malam hari. Ia lebih memilih belajar saat otaknya masih segar yaitu di waktu subuh.

"Jangan belajar malam, saya selalu belajar sebelum atau setelah salat subuh. Riset juga bilang itu lebih bagus dari pada belajar malem, terus tidur, bangun siang. Lebih bagus bangun, terus shalat, baru belajar jauh lebih efektif," ungkap Iqbaal.

 

3 dari 3 halaman

Trik Kedua

Selain itu, Iqbaal menyarankan agar kenali juga metode penyerapan yang paling baik bagi dirinya sendiri. Iqbaal menyebut bahwa dirinya lebih cepat memahami lewat visual.

"Kalau saya tipe belajarnya itu visual. Jadi saya melihat, mau lihat guru, lihat handphone, selagi itu ada gambarnya, bergerak, saya pasti bisa masuk (paham). Kan ada auditori, visual, kinetik. Nah kalau saya visual. Kalau ngedenger doang, justru saya kurang bisa," tutup Iqbaal Ramadhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.