Sukses

Tak Mau Keluar dari Ungu, Rowman Pilih Bikin Band Baru

Liputan6.com, Jakarta Semenjak sang vokalis, Pasha, terpilih menjadi Wakil Wali Kota Palu, band Ungu terpaksa vakum. Meski begitu, hal tersebut tidak menyurutkan para personel lainnya untuk tetap bermusik tanpa harus keluar dari Ungu. Salah satu yang berkreasi adalah sang drumer, Rowman, yang membentuk band The Row.

 

Rowman tetap setia di belakang drum. Dirinya menggandeng dua rekannya, Rendra (gitar/synth) dan Ayu Angels (vokal/DJ). Diakui oleh Rowman jika proyek musik yang dijalaninya adalah murni karena dirinya ingin tetap bermusik di sela kekosongan Ungu.

"Ungu masih baik-baik saja, tetap ada. Gue masih manggung sama mereka. Cuma kan memang waktu, ya. Waktu itu, memang kalau hari biasa enggak bisa, bisanya weekend karena gue ingin terus berkarya, sudah gue isi dengan ini," ujar Rowman saat ditemui di Hard Rock Cafe, Jakarta, baru-baru ini.

Berbeda dengan Ungu, The Row justru mengusung musik yang sangat elektronik. "Alhamdulillah, kali ini dalam bentuk band yang mengusung musik electronic dance music (EDM)," tambah Rowman.

Rowman menyebut bahwa konsep ini lahir karena pertemuannya dengan Rendra dan Ayu Angels yang sebelumnya memang mengusung musik seperti itu. "Tertantang banget bermain di genre electronic dance music. Beberapa kali penyesuaian akhirnya cocok dan kebetulan musik EDM ini lagi hype -nya kan ya, lagi booming, dan Ungu juga sering kolaborasi sama DJ. Nah, dari situ kepikiran kenapa gue enggak bikin sendiri ya," kata Rowman. 

 

1 dari 3 halaman

Single Baru

 

Sebagai langkah awal mengarungi industri musik di Tanah Air, The Row pun secara resmi meluncurkan single terbaru perdana berjudul "Bersamamu" ("I Will Be There for You"). Single lagu ini diciptakan Rendra dengan bantuan musikus Brian Nabria yang juga berada di bawah naungan AFE Records. 

"Lagu ini bercerita soal kisah cinta fatamorgana, baik si cowok ataupun cewek di dalamnya hanya bisa berandai-andai alias sebatas angan saja," ucap Rendra. "Kalau boleh tambahin, Ungu bisanya cuma weekend. Rowman kan nge-band enggak setahun dua tahun ya, itu sudah kayak jiwa.  Kebayang dong yang biasanya kerja terus tiba-tiba stuck. Mungkin ini kayaknya salah ekspresi Rowman juga untuk selalu berkarya bagi musik Indonesia," kata Ayu, vokalis sekaligus DJ Set The Row. 

 

2 dari 3 halaman

Tak Akan Tinggalkan Ungu

 

Di satu sisi, kendati sibuk dengan proyek sampingan bersama The Row, drumer pemilik nama lengkap M Nur Rohman ini pun menekankan bahwa dia tidak akan meninggalkan band Ungu, meskipun kini sedang vakum dari ingar bingar panggung musik Tanah Air. 

Beruntung, Rowman mendapat dukungan rekan-rekannya di band Ungu dan manajemen serta label. Hal itu tampak dari kehadiran Maki dan Enda dalam acara peluncuran single terbaru The Row.

Selain Rowman, personel band Ungu lain, Makki, Enda, dan Onci, pun masing-masing bermusik dengan gaya mereka sendiri. Makki bahkan dikabarkan tengah mempersiapkan proyek film. Bahkan, sebelumnya Rowman juga terlibat proyek musik bersama Makki dan Piyu ‘Padi’ dalam grup The Secret. 

Artikel Selanjutnya
Pesan Nidji kepada Giring: Jangan Lupa Pulang
Artikel Selanjutnya
Rian D'Masiv Bolos Manggung Demi Nonton Konser Liam Gallagher