Sukses

Marvel Cari Penulis Indonesia, Siapa Berminat?

Liputan6.com, Jakarta - Rasanya tak salah bila mengatakan bahwa satu dekade belakangan ini adalah eranya superhero. Salah satu tolok ukurnya adalah popularitas dan kesuksesan film-film yang berada dalam Marvel Cinematic Universe.

Bicara soal kesuksesan tersebut, ada satu pertanyaan menyeruak tentang Marvel. Setelah terobosan di dunia sinema, apa lagi yang disiapkan oleh Marvel untuk terus memelihara ketertarikan publik terhadap superhero mereka?

Dalam sebuah wawancara dengan Liputan6.com, Editor in Chief Marvel Comis, C.B Cebulski, menuturkan bahwa mereka tengah menyiapkan konten yang menekankan aspek lokalitas.

"Kami ingin membuat konten Marvel lokal di sejumlah negara, dengan para kreator, artist, dan aktor dari wilayah tersebut," tutur C.B Cebulski di sela acara Marvel Creative Day Out di Kampus Bina Nusantara, Jakarta Barat, Jumat (12/1/2018).

 

1 dari 3 halaman

Di Indonesia

Ia mengatakan, eksperimen seperti ini sudah mulai dilakukan Marvel di Jepang dan Korea. Di Negeri Sakura, Marvel sudah merilis manga dan anime Future Avengers. Sementara di Korea, mereka mengeluarkan komik Avengers Electric Rain.

Hal ini, kata C.B Cebulski, rencananya juga hendak diterapkan di Indonesia.

"Kami sedang mengeksplorasi beberapa opsi, jadi kita bisa memiliki kreator lokal yang ada di sini untuk menciptakan pahlawan atau tim super lokal lewat kreativitas dan citarasa budaya mereka, untuk membawa pahlawan otentik dari negara mereka ke Marvel Universe," tuturnya.

Sebagai langkah awal, kata dia, mereka berencana untuk masuk lewat platform digital. Bila berhasil dengan baik, maka hal ini bisa ditingkatkan ke sinema televisi bahkan film.

 

2 dari 3 halaman

Mencari Penulis Indonesia

Hanya saja, ada satu tantangan yang kini tengah dihadapi Marvel untuk mengeksekusi rencana ini, yakni mereka masih kekurangan penulis asli Indonesia.

"Jujur saja, permasalahan yang kami hadapi adalah kami belum menemukan banyak penulis. Banyak artist yang sudah datang pada kami, tapi kami belum menemukan penulis," tuturnya menambahkan.

Padahal, pihaknya ingin mencari cerita-cerita dengan cita rasa khas Indonesia. "Misalnya 'aku punya cerita bagus tentang pahlawan Indonesia di Marvel Universe', 'aku punya cerita menarik tentang Avengers yang datang ke Jakarta atau petualangan di pulau-pulau lain'," tuturnya.

Cebulski menuturkan bahwa ini adalah alasan mengapa dirinya kerap mengunjungi berbagai negara, termasuk Indonesia. "Siapa yang akan jadi penulis yang hebat untuk Marvel? Kita sudah punya banyak artist yang hebat seperti Yasmin atau Ario," ujar Cebulski menyebut dua artist Indonesia yang ikut membuat ilustrasi dalam komik-komik Marvel.

Artikel Selanjutnya
Bukan Jadi Spider-Man, Apa Peran Tom Holland di Venom?
Artikel Selanjutnya
Tampilan Perdana Ant-Man and the Wasp Bikin Fans Tak Puas