Sukses

George Benson Si Jazz Master

Selain seorang gitaris jazz, George Benson juga dikenal sebagai cat singer atau melantunkan lagu tanpa vokal. Di usia 10 tahun, musisi kelahiran Pittsburgh, Pennsylvania, AS, ini mampu menciptakan single berjudul She Makes Me Mad.

Liputan6.com, Jakarta: Bagi para pecinta musik, nama George Benson tentu tak asing bagi mereka. Selain seorang gitaris jazz, ia juga dikenal sebagai cat singer atau melantunkan lagu tanpa vokal. Tak hnya jazz, Benson juga mampu memainkan musik bernuansa pop dan RnB.

Benson lahir dan dibesarkan di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat. Saat usianya beranjak tujuh tahun, ia mengamen di sudut jalan kota dengan gitar andalannya demi beberapa dolar saja. Setahun kemudian, ia mulai bermain gitar di sebuah klub malam setiap akhir pekan. Namun, kariernya tidak lama di sana. Klub malam tersebut ditutup polisi karena bermasalah.

Di usia 10 tahun, Benson mampu menciptakan single berjudul She Makes Me Mad yang direkam oleh RCA-Victor di New York. Menginjak dewasa, usia 21 tahun, ia memproduseri album sendiri berjudul The New Boss Guitar. Album tersebut hasil kolaborasinya dengan McDuff. Pengalaman berkolaborasi dengan McDuff membawa Benson menemukan permainan musiknya. Untuk aliran jazz, karyanya disukai banyak penikmat musik.

Pada pertengahan hingga akhir 1970-an, Benson berkarier di bawah bendera Warner Bros Records. Dari sinilah Benson mulai dikenal di bursa musik. Pada 1976, ia menelurkan album ke-15 nya yang diberi tajuk Breezin. Lagu-lagunya seperti This Masquerade dan Here Comes the Sun mulai merambah telinga pecinta musik jazz.

Breezin terjual hingga jutaan kopi.  Wajar jika Breezin dibilang sebuah album jazz legenda lantaran yang pertama meraih platinum. Selain itu, sebagai indikasi sesuatu yang baru bakal muncul di dunia musik.

George juga menyanyikan lagu Leon Russels pada 1976 yang berhasil memenangkannya sebuah Grammy untuk pertama kali, yaitu This Masquerade. Di tahun yang sama, ia memenangkan dua Grammy lagi, yaitu Best Pop Instrumental Performance untuk Breezin dan Best Rhythm n Blues Instrumental Performance untuk Theme from Good King Bad. Dua tahun kemudian, yaitu di 1978, George kembali meraih sebuah Grammy untuk kategori Best RnB Vocal Performance, Male untuk top ten single On Broadway.

Jiwa empati Benson juga tinggi. Ia pernah menggelar tur dengan penyanyi beraliran soul, Minnie Riperton, yang saat itu didiagnosa menderita kanker payudara. Pada 2009 lalu, Benson diakui National Endowment of The Arts sebagai Jazz Master, sebuah penghormatan tertinggi di dunia jazz yang diberikan seorang musisi kawakan. Saat ini, ia sedang melakukan tur dan mempromosikan lagu-lagu teranyarnya, termasuk pada Java Jazz Festival 2011.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.