Sukses

Inilah Alasan Ajang Piala Oscar 2018 Lebih Istimewa

Apa yang membuat ajang piala Oscar tahun 2018 menjadi istimewa?

Liputan6.com, Jakarta Penghargaan Academy Awards ke-90 akan berlangsung di Dolby Theater di Los Angeles, Amerika Serikat, 4 Maret 2018. Ajang bergengsi yang juga dikenal sebagai Piala Oscar ini memberikan piala untuk artis dan sineas berbakat di seluruh dunia, khususnya Hollywood.

Sepak terjang aktor ternama di industri hiburan seolah terbayar setelah meraih Piala Oscar. Saat aktris atau aktor berhasil membawa pulang Piala Oscar, citra mereka akan melambung, membuat mereka berada di puncak popularitas.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Piala Oscar 2018 ini dianggap lebih spesial. Laman Rollingstone mewartakan, Rabu (24/1/2018), Oscar 2018 dianggap tak lagi didominasi oleh artis atau sineas kulit putih.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Lagi Rasis

Pada 2016, Academy Awards banyak mendapatkan kritik pedas. Ajang penghargaan tertinggi di dunia perfilman itu dianggap rasis karena hanya menampilkan aktor dan aktris kulit putih di jajaran nomine.

Tagar #OscarSoWhite (Oscar sangat kulit putih) banyak menghiasi laman Twitter pada 2016. Kini, berganti dengan tagar #OscarNotSoWhite (Oscar tak lagi kulit putih).

Selain itu, Oscar 2018 juga akan dipenuhi oleh aktor-aktor kukit hitam yang akan naik ke panggung sebagai pembawa acara atau menyerahkan penghargaan hingga memberikan hiburan.

Nama-nama seperti Denzel Washington, Octavis Spencer, Daniel Kaluuya, dan penampilan dari Mary J Blige akan menghiasi Oscar 2018.

3 dari 4 halaman

Persamaan Hak

Piala Oscar 2018 juga dianggap lebih menghargai artis dan sineas wanita. Dalam beberapa tahun belakangan ini, terdengar kabar honor sineas, seperti produser atau aktris di Hollywood dianggap lebih rendah dibandingkan kaum pria.

Selain itu, Piala Oscar juga jarang memberikan pengakuaan untuk kaum Hawa yang berbakat. Kini, Oscar 2018 mulai diwarnai sineas wanita yang karyanya diacungi jempol, seperti Rachel Morrison.

4 dari 4 halaman

Kategori Beragam

Academy Awards dianggap tak ada perubahan dari tahun ke tahun. Akibatnya, kategori di Oscar pun dianggap membosankan dan tidak kreatif. Tak heran, bila banyak yang berharap adanya kategori tambahan di Piala Oscar 2018.

Huffington Post, misalnya, menawarkan beberapa kategori baru untuk masuk di Oscar 2018, termasuk Penghargaan untuk Perbedaan. Banyak yang menyebutkan jika Oscar 2018 mulai ditujukan untuk artis dari berbagai jenis kulit yang berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini