Sukses

Demi Jadi Badut, Donny Damara Jatuh Bangun Belajar Sepeda Roda Satu

Donny Damara dituntut untuk mahir melakukan sejumlah keterampilan yang dimiliki seorang badut dalam waktu singkat.

Liputan6.com, Jakarta Aktor senior Donny Damara akan kembali tampil lewat film terbarunya yang berjudul Guru Ngaji. Uniknya, di film yang tayang pada 22 Maret ini, Donny Damara akan menjalani peran "2 in 1". Yakni, seorang guru ngaji yang juga mempunyai pekerjaan sampingan sebagai badut. 

Peran unik ini ternyata menuntut Donny Damara untuk mahir melakukan sejumlah keterampilan yang dimiliki seorang badut. Tak heran, Donny Damara menganggap perannya ini begitu menantang. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Sepeda Roda Satu

 

Seorang badut yang tak bisa berakrobat, rasanya bagai sayur tanpa garam. Hal ini disadari betul oleh Donny Damara. Demi peran ini, ia diajari akrobat oleh seorang yang berprofesi sebagai badut sungguhan selama 2-3 bulan. 

Salah satu kesulitan yang dihadapi Donny Damara adalah saat ia belajar menaiki sepeda roda satu. Ia sempat beberapa kali jatuh saat mencoba menaiki sepeda khusus ini. 

"Semuanya enggak gampang itu, enggak gampang banget. Terutama kesulitan pada saat naik sepeda roda satu, itu anak muda biasa aja bisa patah pinggang itu rasanya," ungkapnya.

 

 

3 dari 6 halaman

Beberapa Kayuhan

 

Donny mengungkapkan bahwa pelatihnya saja baru bisa melakukan aksi tersebut setelah belajar selama enam bulan untuk bisa berjalan lurus. Sementara Donny, hanya memiliki waktu setengahnya.

Namun, latihan kerasnya ini cukup membawa hasil. "Paling enggak untuk kebutuhan shoot bisa 5-6 kayuhanlah," ujarnya.

 

4 dari 6 halaman

Belajar Juggling

 

Tak hanya sepeda roda satu, ia juga belajar cara juggling bersama rekannya di film ini, Ence Bagus yang berperan sebagai Parmin. Untuk mendalami peran seorang badut, Donny merasakan itu hal yang paling tersulit yang ia lakukan selama proses syuting.

Donny juga mengakui bahwa jika sekarang ini disuruh kembali bermain juggling, ia tidak akan bisa melakukannya.

 

5 dari 6 halaman

Tong Setan

Selain juggling dan bermain sepeda roda satu, Donny Damara bahkan sempat mencoba langsung mengendarai motor di arena tong setan. Bahkan sebagian adegan saat bermain dalam arena tong setan di film Guru Ngaji, dilakukan sendiri oleh aktor 51 tahun tersebut. 

"Jadi kita ikutin aja gerakan sentifugalnya motor itu. Ikutin aja sudah, jangan dilawan. Jangan ragu-ragu, begitu naik ya naik, turun ya ikutin," tuturnya, tentang "trik" memainkan tong setan. 

6 dari 6 halaman

Guru Ngaji

Sementara itu, film Guru Ngaji menceritakan tentang Mukri (Donny Damara), guru ngaji yang dibayar secara seikhlasnya oleh warga kampung Tempuran. Namun, karena bayarannya sebagai sang guru ngaji tak bisa memenuhi kebutuhan keluarganya, ia pun mempunyai pekerjaan sampingan, yakni sebagai badut.

Hanya saja, ia menyembunyikan pekerjaan sampingannya ini dari keluarga maupun tetangganya. 

Film Guru Ngaji mulai tayang di bioskop Indonesia mulai 22 Maret 2018 mendatang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.