Sukses

Sutradara Sidney Lumet Tutup Usia

Sutradara pemenang penghargaan film-film terkenal seperti Network, Serpico, Dog Day Afternoon dan 12 Angry Men, tutup usia di rumahnya di Manhattan, Amerika Serikat.

Liputan6.com, London: Sidney Lumet, sutradara pemenang penghargaan film-film terkenal seperti Network, Serpico, Dog Day Afternoon, dan 12 Angry Men, tutup usia di rumahnya di Manhattan, Amerika Serikat, Sabtu (9/4) kemarin. Lumet yang berusia 86 tahun meninggal karena digerogoti penyakit limfoma.

Sutradara yang telah 50 tahun bergelut di dunia perfilman Hollywood pernah empat kali dinominasikan untuk Piala Oscar. Meskipun tidak pernah menang, pada 2005, ia menerima penghargaan tersebut untuk kategori pencapaian seumur hidup.

Film-film yang ia sutradai memperoleh lebih dari 50 nominasi Oscar. Lumet menyukai tema-tema film yang rumit dan mendorong para penonton untuk menggunakan inteligensi mereka. Legenda Hollywood ini pertama kali menyutradai film 12 Angry Men yang dibintangi Henry Fonda pada 1957.

"Tujuan dari film bukan semata-mata untuk menghibur. Jenis film yang saya yakini satu langkah lebih jauh. Film ini memaksa penonton memeriksa kembali hati nurani mereka. Ini merangsang pemikiran dan membentuk mental para penonton," kata Lumet semasa hidupnya menyoal genre film yang disutradarainya.

Lumet mengaku tidak pernah punya niatan memicu perubahan sosial lewat film-filmnya. Dan, ketika ditanya mengapa ia memutuskan menjadi sutradara? Lumet menjawab, "Membuat film adalah cara yang indah untuk menghabiskan sisa hidup kita," katanya.(CHR/ANS/Telegraph)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.