Sukses

Ajang Bergengsi Cannes Resmi Digelar

Festival Film Internasional Cannes resmi dibuka di Riviera, Prancis. Ajang insan perfilman Eropa yang memutar sedikitnya 4.240 karya film ini digelar mulai 11-22 Mei.

Liputan6.com, Paris: Para profesional di bidang industri film, termasuk sutradara, bintang film, wartawan, dan pencinta film dari seluruh dunia berbondong-bondong ke Riviera, Prancis, untuk menghadiri pergelaran ke-64 Festival Film Internasional Cannes, Rabu (11/4).

Festival film terbesar di Eropa ini akan berlangsung dari 11-22 Mei dan diharapkan mencapai 10.000 peserta dari 101 negara dengan 4.240 film. Menurut pihak penyelenggara, jumlah ini meningkat sebesar 5 persen dari tahun 2010 lalu. Aktor sekaligus presiden juri Robert De Niro dan delapan juri lainnya termasuk aktris Uma Thurman, sutradara Olivier Assayas, aktor Jude Law, dan penulis Linn Ullmann juga sudah membuka acara red carpet festival itu.

Festival Cannes kali ini dibuka dengan pemutaran film di luar kompetisi garapan sutradara Woody Allen, Midnight in Paris, sebuah karya komedi romantis yang mengusung tema asli dari inspirasi artistik dan nostalgia melalui kisah sebuah keluarga yang pergi ke Prancis untuk bisnis. Ternyata wanita nomor satu Prancis Carla Bruni-Sarkozy juga muncul dalam film tersebut.

Sutradara film asal Bernardo Bertolucci, yang menggarap film klasik termasuk Last Tango in Paris dan The Last Emperos, menerima penghargaan Palme d'Or, sebuah penghargaaan yang dibuat untuk menghormati para sutradara ternama yang belum pernah mendapatkan Palme d'Or. Sebanyak 20 film dilaporkan akan bersaing untuk memperebutkan penghargaan 2011 Cannes Festival Top Prize. (xinhua/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini