Sukses

Konser Final Top 34 LIDA Grup 1 Berakhir Dramatis

Liga Dangdut Indonesia atau disingkat LIDA akhirnya memulai babak utama, Selasa (6/3/2018) tadi malam.

Liputan6.com, Jakarta - Liga Dangdut Indonesia atau disingkat LIDA akhirnya memulai babak utama, Selasa (6/3/2018) tadi malam. Grup 1 mendapat giliran tampil pertama di Konser Final Top 34 LIDA. Di sini, lima juara provinsi bersaing mempersembahkan penampilan terbaik juga berebut dukungan pemirsa untuk bisa lolos ke babak berikutnya.

Penentuan duta LIDA yang harus pulang sendiri melalui beberapa tahap. Pertama, dua duta dengan SMS teratas akan otomatis lolos ke babak selanjutnya.

Dewan dangdut kemudian akan menyelamatkan satu duta dari tiga posisi SMS terbawah tanpa melihat jumlah SMS yang mereka terima. Terakhir, satu duta dari dua finalis tersisa dengan SMS terbawah-lah yang akan tereliminasi.

 

Saksikan video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dramatis

Semalam, Lewita asal Kalimantan Tengah, harus menjadi juara provinsi pertama yang meninggalkan panggung LIDA. Tampil pertama dengan bawakan lagu berjudul "Resesi Dunia", Lewita yang dipuji memiliki power suara tinggi ini harus tersisih karena hanya meraih SMS sebesar 16,05%.

SMS Lewita sebenarnya lebih tinggi dari Nando, Juara Provinsi Jawa Barat. Namun Nando yang mengumpulkan SMS sebanyak 8,13%, sudah lebih dulu diselamatkan oleh para dewan dangdut. Nando sendiri tampil bagus untuk penampilannya di lagu "Air Mata Perkawinan". Tiga standing ovation juga diberikan Soimah, Inul Daratista, dan Iyeth Bustami.

3 dari 4 halaman

Hujan Kritik

Di bottom two, Lewita didampingi Rahma yang penampilannya pada lagu "Liku-Liku" dikritik habis-habisan oleh para dewan dangdut. Iyeth Bustami menganggap Rahma gagal total. Iyeth bahkan menilai Rahma tidak siap berada di kompetisi.

Hal senada juga diungkap Dewi Perssik yang menyebut Rahma sebagai penyanyi yang masih sangat mentah. Sebelumnya, Soimah yang dimintai komentarnya, mengaku tak bisa berkata-kata. Rahma dinilai memiliki kekurangan dari segi teknik vokal, aksi panggung, sampai dengan penjiwaan.

4 dari 4 halaman

Berhasil Lolos

Namun, Rahma selamat dari eliminasi berkat jumlah SMS-nya yang berada di posisi ketiga. Meraih 19,66% sudah cukup bagi Rahma untuk lolos ke Konser Final Top 27 LIDA.

SMS Rahma sendiri ada di bawah Arif, Juara Provinsi Sumatera Barat yang mendapat lima standing ovation kecuali dari Soimah untuk penampilannya di lagu "Aku Dilahirkan Untuk Siapa". Arif mendapat SMS sebanyak 33,21%, mengungguli Yuyun yang menguntitnya dengan 22,95%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.