Sukses

Terus Dihujani Kritik, Rahma Akhirnya Tersisih dari Top 27 LIDA

Kini, hanya satu duta dangdut juara provinsi dengan hasil polling SMS tertinggi saja yang secara otomatis akan masuk ke babak LIDA berikutnya.

Liputan6.com, Jakarta Liga Dangdut Indonesia, atau disingkat LIDA, akhirnya memulai Konser Final Top 27. Sebelumnya, 27 duta dangdut juara provinsi yang telah lolos dari Babak 34 Besar telah dibagi ulang untuk bergabung ke grup baru. Kembali ada tujuh grup yang akan bertarung di Konser Final Top 27 ini.

Grup 1 yang dihuni Nabila (Aceh), Rahma (Maluku), Renaldi (Kalimantan Timur), dan Yuyun (Gorontalo) tampil perdana Rabu (14/3/2018) tadi malam. Kelimanya kembali harus unjuk aksi terbaik untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Sementara itu, penentuan lolosnya duta dangdut mengalami perubahan di Babak 27 Besar.

Kali ini, hanya satu duta dangdut juara provinsi dengan hasil polling SMS tertinggi saja yang masih akan secara otomatis masuk ke babak LIDA berikutnya. Dewan dangdut kemudian akan menentukan siapa yang akan tersisih dari tiga duta tersisa lainnya, tanpa melihat raihan SMS yang mereka dapat. Tak ada lagi penyelamatan dilakukan pada duta dangdut yang dianggap layak untuk terus berjuang.

Rahma pun menjadi eksekusi pertama dari dewan dangdut di sistem baru ini. Setelah dianggap gagal di konser sebelumnya, penampilan Rahma yang tak mengalami perubahan membuat para dewan dangdut LIDA tak berpikir panjang untuk mengeliminasi dara berusia 16 tahun ini saat masuk bottom three.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penampilan Para Duta

Saat membawakan lagu "Mati Aku", Rahma dinilai tampil kurang centil. Vokalnya memang dipuji bening, tapi sangat tipis. Dari total 27 duta lainnya yang dipastikan lolos ke Konser Final Top 34 LIDA, Rahma juga dianggap tak banyak perkembangan. Terutama jika dibandingkan dengan performa dari tiga lawannya di Grup 1: Nabila, Yuyun, dan Renaldi tampil sangat memukau.

Nabila yang tampil usai Rahma dengan lagu "Mata Hati", sukses merebut enam standing ovation. Nabila dipuji sebagai duta dangdut dengan paket super komplit. Enam standing ovation juga didapat Renaldi lewat penampilannya di lagu "Tak Bosan". Dewan dangdut mengaku tersihir melihat penampilan Renaldi yang benar-benar memukau, meski tampil terakhir.

 

3 dari 4 halaman

Unggul Jauh

Sementara penampilan Yuyun yang muncul di urutan ketiga dengan menyanyikan lagu "Sumpah Benang Emas", mendapatkan standing ovation dari Zaskia Gotik, Nassar, Dewi Perssik, dan Rita Sugiarto. Yuyun sendiri menuai pujian karena tampil penuh totalitas. Di atas panggung, Yuyun bernyanyi sampai menangis-nangis saking menjiwai lagu.

Meski secara keseluruhan Nabila dan Renaldi dinilai tampil lebih baik, Yuyun justru yang dinyatakan langsung lolos ke babak selanjutnya lantaran SMS-nya menjadi yang tertinggi. Raihan SMS Yuyun mencapai 35,54 persen dan cukup jauh mengungguli tiga duta lainnya di Grup 1.

4 dari 4 halaman

Raihan SMS

Di tempat kedua, Nabila berselisih sampai 10 persen dan hanya mengumpulkan SMS sebanyak 25,3 persen. Sementara Renaldi sebenarnya ada di posisi terakhir dengan jumlah SMS hanya sebesar 16,64 persen. Namun ia bisa lolos karena Rahma yang mendapat SMS 22,52%, diputuskan oleh dewan dangdut harus tersisih dari Grup 1 di. Konser Final Top 27 LIDA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.