Sukses

Pemilihan Duta Nantigo, Cara Dude Harlino Promosikan Wisata Ranah Minang

Dude Harlino takjub banyak anak muda yang ingin mempromosikan Sumatera Barat.

Liputan6.com, Jakarta Dude Harlino terus berkontribusi untuk tanah kelahiran ibunya di Padang, Sumatera Barat. Setelah membuka pendaftaran untuk pemilihan Duta Nantigo pada bulan Desember 2017 hingga Januari 2018, terdata kurang lebih 800 anak muda berdarah Minang yang tertarik dan mendaftarkan diri. Ajang pemilihan ini dibuat Dude Harlino selaku owner dari outlet oleh-oleh Lapis Minang Nantigo.

Dari yang mendaftar, peserta tidak hanya berdomisili di Padang atau wilayah Sumatera Barat lainnya, tapi juga ada yang sedang melanjutkan studi atau bekerja di luar Sumatera Barat, antusias untuk mengikuti ajang pemilihan tersebut.

"Luar biasa sekali ya. Pendaftarnya banyak dan bagus-bagus semua. Lumayan pusing saat harus menyeleksi. Sampai akhirnya, kita sudah menyisakan 100 orang yang akan bersaing pada audisi langsung pada malam pemilihan Duta Nantigo nanti," ujar Dude Harlino yang juga suami dari artis Alyssa Soebandono ini dalam keterangannya kepada wartawan, belum lama ini

"Sisi penilaiannya jelas ya, dari penampilan, keterampilan minat dan bakatnya, wawasan peserta mengenai pariwisata Sumatera Barat serta adat istiadat dan juga budaya yang ada. Attitude, kesantunan, keramahan dan hal positif lainnya yang menjadi penilaian saya serta tim," jelas Dude Harlino lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perpanjangan Tangan

 

Setelah terpilih dan mendapatkan gelar Duta Nantigo, pemenang nantinya akan bertugas sebagai perpanjangan tangan dirinya yang akan mempromosikan wisata dan budaya Minang melalui video-video yang mengekspos keindahan alam, keunikan budaya, kelezatan makanan, dan kesantunan masyarakat Minang. Duta Nantigo juga berkesempatan untuk syuting di lokasi-lokasi wisata yang ada di Sumatera Barat bersama Dude Harlino.

"Kita ingin anak muda Minangkabau yang bertalenta dan memiliki passion di bidang pariwisata mewakili masyarakat Minang untuk menunjukkan pesona Sumatera Barat, sehingga orang-orang di luar daerah lebih mengenal Ranah Minang," harap Dude Harlino.

 

3 dari 3 halaman

Populerkan Wisata Sumbar

 

Dengan adanya Duta Nantigo, ditambahkan Dude, masyarakat luas akan melihat langsung keindahan yang ada di Minangkabau melalui video. Dengan begitu, ketertarikan untuk melihat langsung sudah pasti ada sehingga pariwisata Sumatera Barat menjadi lebih populer dan bisa dikembangkan lagi.

Duta Nantigo juga akan mempromosikan wisata Sumatera Barat, yang diharapkan mampu menjadi sarana untuk mewujudkan masyarakat sadar wisata dan berjalannya konsep Sapta Pesona yang meliputi keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, dan kenangan.

"Jika masyarakat sudah sadar  wisata, maka mereka akan mampu menjaga keamanan, ketertiban, dan kebersihan di lingkungan wisata yang akan memberikan kesejukan serta keindahan pada wisatawan yang berkunjung, sehingga tercipta kenangan yang manis dan tak terlupakan mengenai Sumatera Barat," pungkas Dude Harlino.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.