Sukses

Dicari, Band Metal yang Bakal Tampil di Festival Heavy Metal Dunia

Para band metal akan tampil di sebuah kompetisi Wacken Metal Battle Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Band metal manapun pasti berkeinginan untuk bisa tampil di ajang festival heavy metal terbesar di dunia Wacken Open Air (W:O:A) Jerman. Metalhead manapun bermimpi bisa tampil di ajang besar ini. Kesempatan ini terbuka lebar karena sejak tahun 2003 lalu, W:O:A menyelenggarakan sub-program Wacken Metal Battle di setiap negara, di mana para pemenang Wacken Metal Battle akan mendapat tiket untuk unjuk kemampuan terbaik di WOA.

Sampai akhirnya, kesempatan itu dibuka oleh DCDC (www.djarumcoklat.com) --wadah kreatifitas bagi musisi independen— bekerjasama dengan ATAP Promotions dan The Metal Rebels dari Swedia. Mereka lah yang membuat sebuah kompetisi Wacken Metal Battle Indonesia (WMBI). Nantinya, sang jawara WMBI akan tampil di dua panggung yang disediakan yaitu W:E:T Stage dan  Headbanger’s Stage.

 Tahun ini, dua panggung di dalam tenda dome itu akan semakin diperbesar dengan luas area 6.350 meter persegi yang mampu menampung ribuan orang di dalamnya. Sudah pasti, tampil di dua panggung itu akan menjadi pengalaman berharga bagi jawara WMBI 2018.

Menurut Kimung, personel Karinding Attack yang juga Steering Committees WMBi 2018, keberadaan Wacken Metal Battle Indonesia 2018 menjadi sangat penting.  "Kompetisi ini menjadi perpanjangan tangan dari usaha untuk melebarkan sayap band-band cadas Indonesia di ruang permainan yang lebih luas. Kenyataannya, band-band Indonesia memang sudah seharusnya memiliki tempat di panggung dan scene musik internasional,” ungkap Kimung.

 Keberadaan Wacken Metal Battle Indonesia 2018 menjadi sangat penting. Selain menambah catatan sejarah, ajang ini adalah bukti bahwa musik ekstrim di Indonesia memberi dampak baik untuk negara. Secara global, musik Indonesia semakin dikenal karena kapabilitasnya.

Secara internal, ajang ini kembali memupuk semangat kompetisi yang sehat sekaligus memotivasi band-band dalam negeri. Kompetisi ini menjadi perpanjangan tangan dari usaha untuk melebarkan sayap band-band cadas Indonesia di ruang permainan yang lebih luas. Kenyataannya, band Indonesia memang sudah seharusnya memiliki tempat di luar negeri sendiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendaftaran

 

 Secara resmi, pendaftaran WMBI 2018 sudah dibuka. Seluruh band dengan turunan musik ekstrim bisa mendaftarkan diri di kompetisi ini dengan mengunjungi https://www.djarumcoklat.com/wackenmetalbattleindonesia. 

Pendaftaran berlangsung sekitar tiga bulan dan ditutup pada awal Mei mendatang. Nantinya, dari ratusan pendaftar akan dipilih 30 besar dan dikerucutkan mejadi 10 besar. Nah, ke 10 band metal inilah yang akan bertarung secara live di Panggung WMBI 2018 yang akan dihelat Juli mendatang untuk memperebutkan tiket ke W:O:A.

 Dalam proses seleksi WMBI hingga terpilihnya sang jawara yang akan mewakili Indonesia di W:O:A, akan dimonitoring langsung oleh tiga orang steering committees. Proses seleksi juga akan diperkuat dengan kehadiran beberapa juri yang memiliki kredibilitas tinggi dan mampu menjaga objektivitas penilaian sehingga seluruh band pendaftar akan mendapat perlakukan dan penilaian yang sama. 

Faktor utama yang akan jadi penilaian dari para juri adalah seberapa mampu band tersebut membawa karakter Indonesia saat tampil di ajang internasional tersebut. Selain itu, juri juga akan menilai kualitas musik, aksi panggung dan kesiapan band tersebut secara mental.

 

3 dari 3 halaman

Manggung Bareng Band Metal Dunia

 

 Karena, tak hanya akan tampil di W:O:A saja, band pemenang WMBI juga akan bersaing dengan puluhan band finalis Wacken Metal Battle dari berbagai negara untuk memperebutkan peringkat top 5 yang akan mendapatkan berbagai hadiah dari W:O:A, baik berupa uang, alat musik atau barang lain yang menunjang penampilan sebuah band.

Ini adalah kali kedua Indonesia akan mengirimkan wakilnya ke ajang W:O:A. Tahun lalu, DCDC memberikan tiket kepada Beside band dari Bandung sebagai band pemenang WMBI yang berhasil menyisihkan 238 band metal dari 59 kota yang tersebar di Indonesia. Lantas, siapakah jawara WMBI yang akan mewakili Indonesia untuk berkompetisi di W:O:A di tahun ini? So, do you have the guts to join Wacken Metal Battle Indonesia 2018? This is your time and claim your victory! 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.