Sukses

Diselamatkan Dewan Dangdut, Oji Singkirkan Ipul di Konser Final Top 27 LIDA Grup 3

Siapa dan bagaimana jalannya pertarungan empat juara provinsi di Grup 3 LIDA? Berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta Konser Final Top 27 Liga Dangdut Indonesia atau disingkat LIDA, masih terus digelar. Jumat (16/3/2018) tadi malam, satu duta dangdut yang juga juara provinsi dari Grup 3 mendapat giliran harus dipulangkan.

Siapa dan bagaimana jalannya pertarungan empat juara provinsi di Grup 3 LIDA? Berikut ulasannya.

Yang menarik dari Grup 3 LIDA, grup ini ditempati empat duta dangdut yang jadi juara provinsi dari empat pulau berbeda. Seperti Cici (Sulawesi Barat) yang mewakili pulau Sulawesi, Ipul (Banten) mewakili pulau Jawa, Mahania (Bali) mewakili pulau Bali, dan Oji (Kepulauan Riau) mewakili pulau Sumatera.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertama

 

Ipul jadi duta dangdut pertama yang tampil di Konser Final Top 27 Grup 3. Bawakan lagu berjudul 7 Kata Cinta, Ipul tampil genit dan sukses membuat dewan dangdut asal Singapura, Rosalina Musa, mau memberikan standing ovation. Namun dewan dangdut lain mengkritik Ipul yang dinilai salah memilih lagu. Ipul nampak tak menguasai lagu yang dinyanyikan. Sehingga banyak nada yang jadi fals, sedikit keceklik, dan rall lagu juga terdengar kurang India.

Konser kemudian dilanjutkan dengan penampilan Mahania. Duta dangdut yang penampilannya paling ditunggu penonton ini, kembali menyanyikan lagu milik Rita Sugiarto. Kali ini, ia memilih lagu Bunda Rita yang berjudul si Kecil. Mahania pun lagi-lagi tampil memukau dan berhasil merebut tiga standing ovation dari Zaskia Gotik, Nassar, dan Rosalina Musa. Tak hanya itu, Mahania juga kembali membuat para penonton meneteskan air mata melihat aksinya.

Lagu Rita Sugiarto kembali dilantunkan oleh duta dangdut lainnya di Grup 3 yaitu Cici. Lagu Goyah yang merupakan lagu baru sang diva dangdut, dibawakan Cici dengan gayanya sendiri. Cici pun mendapat pujian untuk suaranya yang merdu, cengkok pas, meski vibra masih kurang. Sayangnya, beberapa dewan dangdut melihat penampilan Cici hanya sebatas enak saja. Seperti ada yang kurang dari penampilannya kali ini.

 

3 dari 3 halaman

Ditutup

 

Konser Final Top 27 Grup 3 lalu ditutup oleh penampilan Oji lewat lagu Seroja. Oji kembali dikritik karena vokalnya yang terdengar sangat pop ketimbang dangdut. Oji sendiri sebenarnya memiliki suara bagus. Hanya saja, menurut dewan dangdut, ia selalu kurang di dinamika dan terlalu banyak memberi vibra pada lagu yang dinyanyikan. Meski banyak koreksi, namun Oji masih diberi kesempatan untuk terus berjuang di panggung LIDA.

Pasalnya, dewan dangdut ternyata memutuskan memilih Ipul yang harus tereliminasi di Grup 3. Padahal, Ipul berada di posisi ketiga dalam daftar polling SMS terakhir. Meraih SMS sebanyak 21,56%, jumlah SMS Ipul itu unggul hingga 6% dari Oji yang hanya mendapat 15,17%. Namun seperti diketahui, dewan dangdut memang memiliki hak penuh untuk menentukan siapa duta dangdut yang harus tersisih di Babak 27 Besar LIDA ini.

Sementara itu, juara provinsi dengan hasil polling SMS teratas di Grup 3 dan dinyatakan langsung masuk babak selanjutnya adalah Mahania. Meraup SMS mencapai 39,04%, Mahania yang SMSnya selalu nangkring di posisi pertama sejak awal konser, otomatis melaju ke Konser Final Top 20. Satu duta lainnya yaitu Cici, juga menyusul dengan jumlah SMS akhirnya sebesar 24,23%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini