Sukses

Jelang Melahirkan Anak Keempat, Zaskia Adya Mecca Trauma

Zaskia Adya Mecca mengaku trauma jika harus kembali menjalani proses bedah caesar untuk melahirkan.

Liputan6.com, Jakarta Zaskia Adya Mecca mengaku deg-degan jelang persalinannya. Padahal, ini merupakan kehamilan keempatnya. Pasalnya, ketika melahirkan anak ketiga, Bhai Kaba, Zaskia Adya Mecca merasakan betul perjuangan dan rasa sakit sesudah operasi bedah caesar. Makanya, istri Hanung Bramantyo ini ingin sekali melahirkan secara normal. 

"Lahiran Sybil dan Kala (anak pertama dan kedua), alhamdulillah bisa ngerasain lahiran normal. Tapi pas Kaba ngerasain juga yang namanya caesar karena beberapa situasi saat itu (udah sampai pembukaan tiga padahal). Banyak yang bilang lahiran caesar mau ambil enak aja dan nggak mau sakit tapi setelah merasakan dua-duanya jujur semua ada plus minus masing-masing," ungkap Zaskia Adya Mecca, dilansir dari akun Instagram pribadinya, beberapa waktu lalu.

Zaskia Adya Mecca menuturkan, setelah reaksi obat bius hilang, tubuhnya merasakan dingin yang teramat sangat. Meski sudah diselimuti dan diberi uap panas, Zaskia tetap menggigil tak karuan. Hal tersebut berlangsung cukup lama hingga Zaskia sempat berpikir nyawanya tidak akan selamat akibat kedinginan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Lincah Lagi

"Saat itu benar-benar paham bahwa lahir caesar nggak cuma enak saja. Belum lagi beberapa jam nggak boleh angkat kepala sama sekali terus 24 jam nggak boleh bangun dari kasur. Padahal kalau lahiran normal paling 3 jam juga sudah bisa lincah lagi," tulisnya.

3 dari 4 halaman

Mengaku Trauma

Makanya, Zaskia mengaku trauma. Namun, di kehamilan keempatnya kali ini, Zaskia tak bisa memaksakan kehendak melahirkan normal. Pasalnya, apabila dipaksakan, akan ada risiko pendarahan hebat yang membahayakan nyawa ibu dan janinnya.

4 dari 4 halaman

Siapkan Mental

 "Saya lagi siapin mental buat lahiran caesar. Lagi sambil bayangin nggak sabar ketemu si baby untuk mengalahkan ketakutan trauma 2 tahun lalu. Bismillah, semoga semua lancar, selamat, baik saya dan babynya nanti. Amin! Sampai ketemu hai kamu yang di perut beberapa hari lagi, Insya Allah," katanya.

Sumber: Kapanlagi.com

Reporter: Tyssa Madelina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini