Sukses

Lagu Lawas Kantata Barock Tetap Kontekstual

Lagu-lagu lawas berisi kritik sosial yang dinyanyikan Iwan Fals dan kawan-kawan tetap kontekstual dengan situasi saat ini.

Liputan6.com, Jakarta: Grup musik Kantata Barock menyihir para penggemar dalam konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (30/12) malam. Lagu-lagu lawas berisi kritik sosial yang dinyanyikan Iwan Fals dan kawan-kawan tetap kontekstual dengan situasi saat ini.

Lagu berjudul Nocturno menjadi pembuka konser Kantata Barock. Meski para personelnya Iwan Fals, Sawung Jabo, dan Setiawan Djody tak lagi muda, namun mereka tetap tampil enerjik. Puluhan ribu penonton yang memadati stadion begitu akrab dengan lagu-lagu yang pernah dipopulerkan Kantata Takwa seperti lagu Balada Pengangguran.

Iwan Cs juga melantunkan lagu-lagu dari album Mata Dewa dan Swami. Misalnya lagu Nyanyian Jiwa yang mampu menghipnotis para penonton.

Suasana sempat agak monoton ketika Kantata Barock menyanyikan lagu-lagu baru dan beberapa lagu lama yang tak terlalu hits. Tapi kehadiran band "Kotak" bersama Once mampu kembali menghidupkan suasana.

Dalam konser ini Kantata Barock beberapa kali mengubah aransemen. Ketiadaan jockie Soeryoprayogo dan Eet Syahrani yang pernah menggarap Kantata Takwa sangat banyak mengubah warna musik.

Meski begitu kritik sosial yang disuarakan dalam lagu-lagu kantata tetap berwibawa. Kendati tak bisa menyamai kemegahan seperti konser yang pernah mereka lakukan di tempat yang sama 20 tahun silam, konser ini mampu menjawab kerinduan para penggemar Kantata.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.