Musisi Jazz Gelar Tribute to Bubi Chen

on Feb 22, 2012 at 10:30 WIB

Liputan6.com, Semarang: Bila tak ada aral melintang pada Rabu (22/2) ini jenazah Bubi Chen diperabukan di Krematorium Kembang Kuning, Surabaya, Jawa Timur, kota kelahirannya. Legenda musik jazz di Tanah Air itu meninggal pada Kamis malam pekan silam di Semarang akibat penyakit gula yang diderita selama bertahun-tahun.

Namun sehari jelang kremasi jenazah maestro jazz Indonesia Bubi Chen, sejumlah musisi jazz dan pencinta jazz Semarang, Jawa Tengah, menggelar doa bersama dan tribute to Bubi Chen. Acara tersebut digelar di Sekolah Musik Purnomo, Semarang.

Di sana, alunan lagu bertajuk Nearness of You dibawakan. Hal tersebut menunjukkan, kendati sang maestro jazz Indonesia yang akrab dipanggil om Bubi sudah berpulang, namun semangatnya tetap terasa pada musik jazz di Indonesia.

Pemilihan lokasi doa bersama dan tribute to Bubi Chen, lantaran Bubi Chen pernah memberikan ilmu bermusiknya pada sekolah musik di Kota Lumpia tersebut. Menurut penggagas dan musisi jazz Kota Semarang Peter Purnomo, Bubi amat dikenal karena semangat dan konsistensinya pada edukasi musik jazz di Semarang, sehingga banyak muncul pemusik jazz muda dari sana.

Atas kontribusinya, mendiang juga pantas mendapat gelar pahlawan musik atau kebudayaan di Indonesia atas jasanya membawa musik jazz Indonesia ke kancah Internasional. Di acara tersebut salah satu lagu kesukaan mendiang, yaitu lagu Fly to the Moon dibawakan dan dilanjutkan dengan doa bersama.(BJK/ANS)
 
Suka artikel ini?

0 Comments