Sukses

"The Artist" Dijagokan Menangi Piala Oscar

Tahun ini, film bisu "The Artist" dan film garapan Martin Scorsese "Hugo" dijagokan akan membawa pulang piala Oscar bergengsi itu.

Liputan6.com, Los Angeles: Hollywood tengah disiapkan untuk digelarnya malam perhelatan penghargaan film terbesar di dunia, Academy Awards ke-84, pada Ahad (26/2) malam waktu setempat. Tahun ini, film bisu "The Artist" dan film garapan Martin Scorsese "Hugo" dijagokan akan membawa pulang piala Oscar bergengsi itu.

Jutaan mata penonton dari seluruh penjuru dunia akan menyaksikan malam puncak Oscar yang kembali dipandu oleh aktor veteran Billy Crystal. Billy sendiri sebelumnya sudah sebanyak 8 kali memandu malam puncak Oscar. Sebelum acara dimulai, para penonton juga akan dimanjakan sederet selebritas Hollywood yang menginjakan kaki di red carpet dengan pakaian-pakaian terbaik mereka.

Seperti biasa, acara penghargaan tahunan ini rasanya belum lengkap tanpa sejumlah kontroversi atau kejutan. Kontroversi pertama datang dari aktor komedian Inggris Sacha Baron Cohen yang berencana untuk hadir dengan kostum Admiral General Aladeen, peran yang dimainkannya dalam film terbarunya "The Dictactor". Rencananya ini pun ditegur oleh pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). Meski belum jelas, ia kemungkinan akan dilarang hadir.

Daftar presenter yang siap mengumumkan para pemenang termasuk aktris-aktor terbaik tahun lalu Natalie Portman dan Colin Firth, Halle Berry, Tom Cruise, Penelope Cruz, Tom Hanks, Angelina Jolie, dan masih banyak lagi.

Film 3D garapan Scorsese "Hugo" yang dibuat untuk menghormati seorang pionir film Prancis berhasil meraih nominasi terbanyak dengan 11 nominasi, sementara film bisu hitam putih "The Artist" meraih 10 nominasi. Sebelumnya, The Artist juga menyabet penghargaan di ajang Cesar Awards, Prancis, dengan memenangkan enam penghargaan, di antaranya film terbaik, sutradara terbaik (Michel Hazanavicius), aktris terbaik (Berenice Bejo), dan sinematografi terbaik.

Untuk nominasi aktor terbaik, nama George Clooney dan Brad Pitt akan bersaing ketat dengan pemeran film "The Artist" Jean Dujardin, yang notabene sudah meraih sejumlah piala penghargaan lain berkat perannya tersebut. Sementara untuk sutradara terbaik, Scorsese akan bersaing dengan Woody Allen yang sukses menyutradarai film comeback-nya "Midnight in Paris" dan Steven Spielberg dengan filmnya "War Horse."

Meryl Streep diprediksikan meraih piala Oscar pertama berkat peran kuatnya sebagai mantan perdana menteri Inggris Margaret Thacther dalam film "The Iron Lady". Namun, Streep bersaing ketat dengan Glenn Close dalam film "Albert Nobbs", Rooney Mara dalam film "The Girl with the Dragon Tattoo" dan Michelle Williams yang berperan sebagai Marlyn Monroe di film "My Week with Marilyn." (AFP/JAY/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini