Film 'Kebun Binatang' Masuk Festival Film Tribeca

on Mar 07, 2012 at 15:52 WIB

Liputan6.com, New York: Festival film bertaraf internasional 'Tribeca Film Festival 2012 (TFF)' siap kembali digelar. Seperti dikutip Aceshowbiz.com, Rabu (7/3),  pihak penyelenggara TFF juga sudah mengumumkan sejumlah film dari seluruh dunia yang akan berkompetisi di kategori narasi dan dokumenter, termasuk film dari Indonesia.

Diantara 12 film narasi, setengah darinya berasal dari produksi mancanegara termasuk sebuah film Amerika/Meksiko yang diperankan Abbie Cornish, berjudul "The Girl", sebagai seorang orang tua tunggal yang berjuang di perbatasan sebagai immigran. Yang membanggakan, tahun ini film buatan sutradara Tanah Air Edwin, berjudul "Postcards From the Zoo", masuk di kategori narasi (World Narrative Feature).

Film yang beredar di Indonesia dengan judul "Kebun Binatang" itu dimainkan oleh Ladya Cheryl dan Nicholas Saputra, serta ditulis oleh Edwin, Daud Sumolang, dan Titien Wattimena. Film tersebut berkisah mengenai seorang perempuan bernama Lana (Ladya) yang bekerja di Kebun Binatang Ragunan. Di kebun binatang tersebut, Lana membantu tugas-tugas dari para pegawai kebun binatang, dimulai dari memandikan bayi harimau dan menjadi seorang pemandu wisata bagi para pengunjung di sana.

Saat mengumumkan judul-judul film yang akan bersaing, Direktur Eksekutif Tribeca Nancy Schafer mengatakan, "Ini begitu menyenangkan untuk bisa menonton tim produksi film baru berkumpul dan mendengar dialog mereka di filmnya." Ia menambahkan, "Gairah mereka adalah inspirasi dan tercermin dalam kekuatan, serta luasnya pemaknaan filmnya."

Tahun ini, TFF akan menghadirkan film-film dari 32 negara, termasuk 54 film perdana dunia, 4 film perdana internasional, 16 film perdana Amerika Utara, 10 film perdana AS, dan 6 film perndana New York. Sebanyak 107 sutradara akan hadir mempresentasikan karyanya, dan 33 sutradara yang mempresentasikan filmnya sebagai debut sutradara.

Festival edisi ke-11 yang merupakan terbesar di AS ini akan dimulai pada 18-29 April mendatang di sejumlah lokasi di New York. Film komedi romantis Jason Segel dan Emily Blunt "The Five-Year Engagement" juga sudah terpilih sebagai film pembuka festival tersebut. Daftar film-film lainnya akan diumumkan kembali pada Kamis esok.

Berikut 12 film internasional yang bersaing di kategori World Narrative Feature:
  • "All In" (La Suerte En Tus Manos) - (Argentina) sutradara: Daniel Burman, naskah: Daniel Burman dan Sergio Dubcovsky.
  • "Beyond the Hill" (Tepenin Ardi) - (Turki, Yunani) sutradara dan naskah: Emin Alper.
  • "First Winter" - (AS) sutradara dan naskah: Benjamin Dickinson.
  • The Girl" - (AS, Meksiko) sutradara dan naskah: David Riker.
  • "Jack and Diane" - (AS) sutradara dan naskah: Bradley Rust Gray.
  • "Nancy, Please" - (AS) sutradara: Andrew Semans, naskah: Will Heinrich dan Andrew Semans.
  • "Postcards From the Zoo" (Kebun Binatang) - (Indonesia) sutradara: Edwin, naskah: Edwin, Daud Sumolang, dan Titien Wattimena.
  • "Una Noche" - (Inggris, Kuba, AS) sutradara dan naskah: Lucy Mulloy.
  • "Unit 7" (Grupo 7) - (Spanyol) sutradara: Alberto Rodriguez, naskah: Rafael Cobos dan Alberto Rodriguez.
  • "War Witch" (Rebelle) - (Kanada) sutradara dan naskah: Kim Nguyen.
  • "While We Were Here" - (AS) sutradara dan naskah: Kat Coiro.
  •  "Yossi" (Ha-Sippur Shel Yossi) - (Israel) sutradara: Eytan Fox, naskah: Itay Segal.
(JAY/MEL)
Suka artikel ini?

0 Comments