Ratu Soul Aretha Franklin Berulang Tahun ke-70

on

Liputan6.com, New York: Sebagian orang mungkin telah 'melupakan' nama Aretha Franklin penyanyi hebat bergelar 'Queen of Soul'. Aretha yang sempat mendapat penghargaan Grammy, Ahad 25 Maret tepat berumur 70 tahun. 

Aretha Franklin telah meraih 18 Grammy dan 25 medali emas atas prestasinya di bidang tarik suara. Franklin putri pendeta yang lahir 25 Maret 1942 di Memphis, Tennessee, AS dibesarkan di Detroit. Karier tarik suaranya berawal dari pelayanan gereja sebagai penyanyi gospel. Pada tahun 1961, penyanyi yang sempat ngetop dengan tembang hit seperti 'Respect' dan 'Chain of Fools' itu dikontrak Columbia Records. Kemudian Franklin beralih ke perusahaan rekaman raksasa lainnya, Atlantic Records. Di sinilah berbagai prestasi dari lagu-lagunya mulai diraih. Tahun 70-an, masa kejayaan Franklin itu benar-benar terwujud. Lagu-lagunya menduduki tangga lagu teratas, seperti I Never Loved a Man (The Way I Love You), Baby I Love You, Chain of Fools, Think, A Natural Woman (You Make Me Feel Like), Do-Right Woman, dan Respect.

Popularitas Aretha Franklin sempat memudar. Tapi di tahun 80-an namanya kembali muncul dengan lagu-lagu rohani, seperti lagu Freeway of Love, I Knew You Were Waiting for Me, Sisters Are Doin, It for Themselves, Who's Zoomin Who, dan Jumpin Jack Flash. Pada 2010 sempat ada kabar mengejutkan, tiba-tiba Franklin membatalkan semua penampilannya selama enam bulan ke depan karena dianjurkan oleh dokter. Tak ada perincian tentang kondisi kesehatannya meski ada kabar penyanyi bersuara hebat itu sempat menjalani operasi. Tapi penyakit apa sesungguhnya yang diidap Franklin hingga kini masih tetap dirahasiakan.  

Terakhir penampilannya, Februari lalu di sebuah acara radio New York. (Reuters/Vin)
Suka artikel ini?

0 Comments