Sukses

Repertoir Mozart Ditemukan di Buku Harian

Salah satu musisi jenius yang pernah ada di muka bumi adalah Wolfgang Amadeus Mozart. Dari kehebatannya lahir sekitar 600 repertoir terkenal. Sebuah karya Mozart ditemukan di sebuah buku harian.

Liputan6.com, Wina: Salah satu musisi jenius yang pernah ada di muka bumi adalah Wolfgang Amadeus Mozart. Dari kehebatannya lahir sekitar 600 repertoir terkenal. Baru-baru ini sebuah partitur karya Mozart yang ditulis saat berumur 10 tahun telah ditemukan. Partitur tersebut ditemukan di sebuah buku catatan yang berada di loteng di Austria. Diperkirakan, partitur ini dibuat Mozart sekitar tahun 1767 atau 1768. 

Media firstpost.com, Sabtu (24/3) menulis bahwa karya maestro musik yang tidak ditulis dengan tangan Mozart sendiri benar-benar asli. Tim peneliti yakin repertoir itu ditranskrip dalam buku bertuliskan nama Del Signore Giovane Wolfgango Mozart. Keyakinan tersebut diperkuat oleh seorang ahli sejarah musik Hildegard Herrmann-Schneider yang mengatakan bahwa hanya Leopold (ayahanda Mozard) yang menggunakan nama Del Signore Giovane Wolfgango Mozart saat menuliskan nama anaknya.

Pendapat senada diungkapkan musisi Austria, Florian Birsak yang juga mengakui bahwa repertoir itu merupakan karya asli si bocah jenius Mozart.

"Partitur ini bukan karya siapa-siapa, melainkan Mozar," kata Birsak. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.