Sukses

Mengenang Chrisye

Selama lebih dari 25 tahun berkarya, almarhum Chrisye telah menghasilkan 22 album dan membawa pulang dua Lifetime Achievement Award. Selamat jalan Sang Legenda...

Liputan6.com, Jakarta: Siapa tak kenal Chrisye? Boleh jadi, tak banyak yang tahu ia terlahir dengan nama Chrismansyah Rahadi. Pria berdarah Tionghoa lahir di Jakarta, 16 September 1949. Ia sudah tertarik dengan musik sejak masih muda. Saat duduk di bangku sekolah menengah atas, Chrisye membetot bas di band yang dia bentuk bersama kakaknya.

Di era 60-an, Chrisye menjadi personel band Sabda Nada yang kemudian berganti nama menjadi Gipsy. Setelah bolak-balik Indonesia-New York-Indonesia, Chrisye bergabung dengan The Pro's. Pada 1976 ia bekerjasama dengan Gipsy dan Guruh Soekarnoputra merekam album indie Guruh Gipsy.

Pada 1977, Chrisye menghasilkan dua karya terbaiknya, Lilin-Lilin Kecil serta album Badai Pasti Berlalu. Sukses kedua karya ini membuat Chrisye direkrut oleh Musica Studios. Di bawah benderanya, Chrisye merilis debut album solo, setahun kemudian.

Tak dimungkiri, musisi yang dikenal dengan gaya kakunya di atas panggung itu, dianggap sebagai salah satu penyanyi Indonesia legendaris. Ia menerima dua Lifetime Achievement Award, pada 1993 dari BASF Awards, dan satu lagi pada 2007 dari SCTV. Pada 2011, Rolling Stone Indonesia mencatat Chrisye sebagai musisi Indonesia terbaik nomor tiga sepanjang masa.

Pada Juli 2005, Sang Legenda dibawa ke Rumah Sakit Pondok Indah karena sesak napas. Setelah 13 hari dirawat, ia dipindahkan ke Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura. Di sini, ia divonis mengidap kanker paru-paru. Chrisye mengembuskan napas terakhir pada 30 Maret 2007. Ia dikebumikan di TPU Jeruk Purut.

Selain karya-karya indahnya, almarhum Chrisye juga meninggalkan seorang istri, Gusti Firoza Damayanti Noor, dan empat anak tercinta. Nama Chrisye seakan tak pernah pudar. Malam ini, karya-karyanya bakal didendangkan sejumlah musisi ternama Tanah Air [baca: Chrisye "Hidup" Lagi Malam Ini].(ASW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini