Sukses

Ketika Roker Didaulat Nyanyikan Lagu Batak

Musisi Vicky Sianipar mendaulat penyanyi rock Andy /rif menyanyikan lagu Batak pada konser Surya 16 Tour di lapangan Karsitek Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara, Ahad (29/4) malam.

Liputan6.com, Balige: Musisi Vicky Sianipar mendaulat penyanyi rock Andy /rif menyanyikan lagu Batak pada konser Surya 16 Tour di lapangan Karsitek Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara, Ahad (29/4) malam.

"Malam ini kita harus paksa roker Andy /rif untuk melantunkan lagu Tapanuli, meski yang bersangkutan bukan berasal dari etnis Batak," kata Vicky.

Andy akhirnya melantunkan lagu berjudul Sinanggar Tullo yang dikemas dalam irama musik rock dan mendapatkan sambutah meriah dari ribuan pengunjung konser yang tetap bertahan meski kawasan itu sempat diguyur hujan.

Lagu itu dinyanyikannya dengan sangat baik, dipadu dengan nada-nada yang dihasilkan dari berbagai alat musik Batak seperti gondang taganing, sulim, dan sejumlah alat musik tradisional lainnya.

Andy yang mengaku senang menyanyikan lagu-lagu Batak berpesan kepada para penonton agar tetap menjaga kelestarian lingkungan, dengan lebih banyak menanam pepohonan agar ekosistem Danau Toba yang menjadi kebanggaan dapat senantiasa terpelihara.

"Saya meminta para remaja agar menanam bunga-bungaan serta memelihara kelestarian lingkungan, agar keseimbangan alam di Danau Toba tetap terjaga," ujarnya.

Pada malam itu, Vicky Sianipar berkolaborasi dengan beberapa musisi berdarah Batak. Di antaranya Korem Sihombing, penyanyi rock Dewi Marpaung serta sejumlah personel band yang diboyongnya dari Jakarta.

Vicky sempat menyatakan kebanggaannya akan suku Batak, karena kekayaan budaya dan adat istiadatnya serta kemampuan bermusiknya. "Saya ingin menggugah semangat orang muda Batak agar lebih mencintai budayanya, terutama yang tinggal di perkotaan," sebutnya.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.