Tiesto, DJ Termahal Sejagat

  • Musik
  • 0
  • 04 Agu 2012 23:26

120804dtiesto.jpg
Liputan6.com, Los Angeles: Disc jockey (DJ) electronic dance music (EDM) Tiesto dinobatkan sebagai DJ termahal di dunia. Penobatannya sebagai DJ dengan penghasilan terbesar di dunia itu, berdasarkan hasil jajak pendapat oleh Forbes.com yang diumumkan sejak Kamis (2/8) silam.

Seiring dengan makin mantapnya posisi DJ dalam industri musik pop dunia, DJ asal Belanda yang memiliki nama asli Tijs Verwest itu pun dikabarkan mengantongi pendapatan sebesar US$ 22 juta pada tahun lalu.

Tiesto yang kini berusia 43 tahun juga telah berhasil menyatukan penggemar di seluruh penjuru dunia dengan karya electro house music buatannya. Hal itu dibuktikan dengan kesuksesan albumnya Kaleidoscope pada 2009. Dengan 175 penampilan dalam rangkaian turnya selama 15 bulan, sebagaian besar penampilannya selalu dipadati oleh para penggemarnya.

Sementara, DJ asal Los Angeles Skrillex yang baru berusia 24 tahun, mendampingi Tieso berada di posisi kedua dengan pendapatan sebesar 15 juta dolar AS. DJ yang memiliki nama asli Sonny Moore itu membuat kejutan dengan menyabet tiga penghargaan Grammy tahun ini melalui album debutnya Scary Monsters and Nice Sprites.

Sedangkan di posisi ketiga ditempati oleh Swedish House Mafia, yang beranggotakan Steve Angello, Sebastian Ingrosso dan Axwell. Trio DJ tersebut, berada diposisi tiga besar dengan penghasilan 14 juta dolar AS.

DJ asal Prancis David Guetta yang berusia 44 tahun berada di posisi keempat dengan penghasilan 13,5 juta dolar AS. Lalu posisi kelima ditempati oleh DJ asal California Selatan Steve Aoki yang berusia 34 tahun. Dengan mengantungi penghasilan sebesar 12 juta dolar AS tahun lalu.

Pada posisi ketujuh, DJ Pauly D yang berusia 32 tahun berhasil mengumpulkan penghasilan total sebesar 11 juta dolar AS. DJ yang merupakan salah satu bintang MTV Jersey Shore, menggunakan statusnya sebagai bintang reality show untuk mendongkrak karier musiknya. Dj bernama lengkap Paul DelVecchio, juga dipercaya menjadi pembuka konser Britney Spears pada tur Femme Fatale 2011. Disusul dengan kontrak untuk acara khusus MTV The Pauly D Project tahun ini.

Ketika industri musik mengalami penurunan penjualan, profesi DJ EDM justru semakin berkembang dalam beberapa tahun terakhir.(TNT/ANS)
Terpopuler