Sukses

Eric Clapton Lelang Lukisan Belasan Juta Dolar

Musisi Inggris Eric Clapton menjual lukisan abstrak karya Gerhard Richter yang diharapkan mencapai 14-19 juta dolar AS atau sekitar Rp 134 miliar hingga Rp 181 miliar. Harga itu cukup mengherankan bagi rumah lelang karena karya Richter merupakan salah satu paling dicari kolektor.

Liputan6.com, London: Musisi Inggris Eric Clapton menjual lukisan abstrak karya seniman Jerman Gerhard Richter yang diharapkan akan mencapai 14-19 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 134 miliar hingga Rp 181 miliar.
 
Harga itu cukup mengherankan bagi rumah lelang karena Richter merupakan salah satu karya pelukis hidup paling dicari. Karyanya pernah mencapai US$ 21,8 juta di New York, Amerika Serikat pada Mei silam.
 
Karya berukuran lebih dari dua meter persegi itu berjudul Abstraktes Bild (809-4). "Merupakan jajaran tertinggi lukisan asbtrak karya Richter," kata pihak Balai Lelang Sotheby`s, yang menjualnya.
 
Gitaris blues ternama ini memang tidak asing lagi dengan pelelangan. Pada tahun lalu ia menjual lebih dari 70 koleksi gitarnya di lelang amal di New York. Ia meraih 2,15 juta dolar untuk Crossroads Centre, lembaga rehabilitasi obat-obatan dan alkohol yang didirikan Clapton di Antigua.
 
Karya Richter ini akan berada di antara lelang karya seni kontemporer di London, Inggris pada 12 Oktober mendatang. Lelang ini bertepatan dengan Frieze Art Fair, pameran seni kontemporer yang menjadi agenda penting bagi pasar seni global.
 
Abstrakt Bilds merupakan salah satu dari empat seri yang dibuat Richter di pertengahan 90-an. Tiga lainnya dibeli Clapton 11 tahun yang lalu. Ia membeli ketiga karya itu tahun 2011 dari Sotheby's dengan harga total 3,4 juta dolar.
 
Koleksi terakhir menjadi milik bersama Tate dan National Galleries of Scotland. Adapun setahun yang lalu, Richter yang kini berusia 80 tahun menyebut pasar seni sebagai "gila", "konyol", "mustahil dimengerti".(ANS/Ant/Reuters)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini