Sukses

Musisi Bali Rahtut Persembahkan Lagu Sumpah Pemuda

Tema lagu itu tidak terlepas dari isi dari Sumpah Pemuda itu. Namun, musisi Bali I Gusti Ngurah Mariantha atau dikenal dengan nama Rahtut lebih menekankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Liputan6.com, Denpasar: Tak sampai tiga pekan lagi, bangsa Indonesia akan memperingati Sumpah Pemuda. Terkait hal itu, musisi Bali I Gusti Ngurah Mariantha atau dikenal dengan nama Rahtut menciptakan lagu berjudul Sumpah Pemuda.

"Inspirasi menciptakan lagu itu karena melihat kondisi bangsa sekarang bahwa generasi muda kurang begitu bagus gaungnya terhadap Sumpah Pemuda," kata Rahtut pada sebuah diskusi gerakan Sumpah Pemuda di Denpasar, Kamis (11/10).

Rahtut membuat lagu tersebut sekitar awal Oktober lalu dan membutuhkan waktu sepekan. Perekaman dilakukan di sebuah studio di Denpasar.

"Biasanya saya membuat lagu dalam waktu berbulan-bulan, tetapi ini tergolong cepat," kata Rahtut yang menilai bahwa lagu adalah salah satu media yang dapat digunakan untuk pendidikan.

Menurut pentolan grup band Triple X itu, lagu ini dibuat untuk membangkitkan semangat Sumpah Pemuda yang telah digaungkan pemuda dan pemudi Indonesia pada 28 Oktober 1928.

Lirik dalam lagu berirama pop dan rock dengan tempo menghentak tersebut, memuat isi dari Sumpah Pemuda, yakni: "Berbangsa satu, bangsa Indonesia, bertanah air satu, tanah air Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia."

Selain itu juga diselipkan lirik mengenai ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Rahtut mengharapkan pula lagu tersebut bisa diterima oleh masyarakat nasional. Dan, bisa digaungkan pada peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang.(ANT/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini