Sukses

GN`R, Band Berandalan Itu Akhirnya Bakal Datang

Setelah hampir tiga dekade berdiri, Guns N' Roses, salah satu grup cadas terbesar dunia asal Amerika Serikat akan menggelar konser di Jakarta pada 15 Desember mendatang.

Liputan6.com, Jakarta: Lagu-lagu seperti Welcome to the Jungle, Sweet Child O` Mine, Patience, Don`t Cry, Knockin` on Heaven`s Door, You Could Be Mine, dan November Rain tentu tak asing di telinga pencinta hard rock dan heavy metal atau musik cadas era akhir 80-an dan awal 90-an. Dengan sederet hits itulah nama Guns N` Roses atau GN`R menjulang di belantika musik rock di dunia, terutama pada dekade 90.

Nah, kini ada kabar gembira bagi para penggemar GNR di Indonesia. Setelah hampir tiga dekade berdiri tepatnya pada 1985, Guns N` Roses, salah satu grup cadas terbesar dunia asal Los Angeles, Amerika Serikat akan menggelar konser yang pertama kali di Jakarta pada 15 Desember mendatang [baca: Guns N' Roses Bakal Ngerock di Jakarta!].

Kabar itu belum lama ini diumumkan langsung di laman resmi band rock legendaris tersebut, gunsnroses.com. Singkatnya, Guns N' Roses yang pada pertengahan April silam itu menerima anugerah penghargaan Rock and Roll Hall of Fame itu akan menghibur fans di Jakarta dalam rangkaian tur dunianya [baca: Guns N'Roses Masuk Hall of Fame].

Meskipun Guns N` Roses ketika itu masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame, vokalis Axl Rose menolak untuk menghadiri acara penghargaan tersebut. Axl melayangkan surat terbuka kepada panitia dan media bahwa dirinya tidak bisa datang ke Hall of Fame [baca: Axl Enggan Hadir di Hall of Fame].

Reuni "band berandalan" asal Los Angeles itu memang minus sang vokalis Axl Rose. Namun, para rekan Axl Rose, yakni Duff McKagan, Slash, Gilby Clarke, Matt Sorum, dan Steven Adler menyempatkan diri hadir menerima penghargaan bergengsi tersebut.

"Menurut saya tidak penting siapa yang tidak ada di sini malam ini, karena ini adalah tentang musik yang band-band ini mainkan," ucap mantan pembetot bas Guns N’ Roses, Duff McKagan, saat berpidato dalam pelantikan bekas bandnya tersebut di panggung Hall of Fame.

Hanya berselang beberapa menit setelah dilantik, McKagan langsung beranjak menuju atas panggung bersama dengan gitaris Slash dan Gilby Clarke serta pemain drum Matt Sorum dan Steven Adler membawakan tiga hits dari album Appetite For Destruction, Mr. Brownstone, Sweet Child O` Mine, dan Paradise City, dengan bantuan vokal oleh frontman Alter Bridge, Myles Kennedy.

Minus Axl Rose, para penonton pun sempat mengumpat dan mengejek sang vokalis band tersebut. Namun para penonton tetap lantang menyambut formasi Guns N` Roses yang tampil pada malam itu. Mereka seolah melupakan absennya Axl Rose dan gitaris Izzy Stradlin yang mengurangi kelengkapan reuni formasi klasik band asal Los Angeles tersebut.

Terlepas dari itu, konser Guns N` Roses di Jakarta memang patut disyukuri. Ini lantaran Jakarta adalah satu-satunya kota di Asia Tenggara yang akan dikunjungi Guns N` Roses yang sempat berjuluk "Band Paling Berbahaya di Dunia".

Adapun personel band tersebut saat ini adalah Axl Rose (vokal), DJ Ashba (gitar), Dizzy Reed (keyboards), Tommy Stinson (bass), Richard Fortus (gitar), Ron "Bumblefoot" Thal (gitar), Chris Pitman (keyboards), dan Frank Ferrer (drums).

Rencananya, konser Guns N` Roses di Jakarta akan berlangsung di Lapangan D Senayan. Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com, tiket konser Guns N` Roses mulai dijual via situs rajakarcis.com terhitung Rabu (17/10) kemarin pukul 22.00 WIB.

Harga tiket dibanderol mulai Rp 700 ribu (Festival B), Rp 1,1 juta (Festival A), dan kelas VIP Rp 2 juta. Indika Productions selaku pihak yang sukses memboyong grup asal Los Angeles, AS tersebut membenarkan bahwa tiket konser Guns N’ Roses di Jakarta sudah bisa dibeli mulai Rabu (17/10) pukul 22.00 WIB melalui situs rajakarcis.com.

Untuk pembelian tiket offline baru akan dilakukan pada Jumat (19/10) mulai pukul 09.00 WIB di RajaKarcis Fairgrounds, RajaKarcis Mall of Indonesia, Duta Suara, Panorama Tours, Ibu Dibyo, Daily Concert, Yes 24, dan Pesan Delivery.

Seperti ditulis Wikipedia, sudah bukan rahasia lagi bahwa konflik antarpersonel kerap menghampiri eksistensi Guns N` Roses yang berdiri pada 1985. Axl Rose saat ini adalah satu-satunya personel asli Guns N` Roses yang tersisa.

Sejatinya, Guns N` Roses (GN`R) adalah kelompok musik hard rock atau glam metal dari AS yang berdiri pada 1984 dan resmi pada 1985. Band ini memang populer di era 80-an dan 90-an.

Beberapa kali Guns N` Roses bongkar pasang personel. Adapun personel yang paling terkenal adalah Axl Rose (lead vocal), Slash (lead guitar, 1985-1996), Izzy Stradlin - (rhythm guitar, 1985-1991), Duff McKagan ( bass, 1985-1998), Steven Adler (drums, 1985-1990), Matt Sorum - (drums, 1990-1997), Gilby Clarke (rhythm guitar, 1991-1994).

Dari enam album studio yang dibuat, boleh dibilang mereka melejit lewat album Appetite for Destruction (1987). Album kedua yang bertajuk Lies dirilis pada November 1988. Dan, maha karya Guns N` Roses berbuah pada 1991. Dengan didahului single Don`t Cry, GNR menerbitkan dua album berbarengan Use Your Illusion I dan Use Your Illusion II.

Setelah itu Guns N` Roses menelurkan album The Spaghetti Incident? pada November 1993. Sayang, kebersamaan mereka tak berlangsung lama. Setelah serangkaian pertikaian dengan Axl, Slash yang memiliki nama asli Saul Hudson, menyatakan mundur dari GNR pada Oktober 1996.

Sekeluar dari Guns N` Roses, Slash sempat membentuk grup Velvet Revolver dan Slash`s Snakepit. Adapun mantan bandnya, GN`R terakhir merilis album Chinese Democracy pada November 2008.

Sekalipun tak bisa didengar lagi cabikan gitar Slash yang terkenal dengan topi hitam penyihirnya tersebut, penampilan band tersebut tetap akan mengobati kerinduan para penggemarnya di Jakarta.(dari berbagai sumber/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.