Sukses

JakJazz Siap Nge-Swing Publik Jakarta

Panggung Jakarta International Jazz Festival 2012 digelar lagi. Musisi jazz dari dalam dan luar negeri siap membuat para penggemar jazz Jakarta dan sekitarnya ber-swing ria mulai Jumat hingga Minggu ini.

Liputan6.com, Jakarta: Lahirnya ajang kumpul-kumpul para musisi jazz di Jakarta International Jazz Festival 1988 silam di kawasan Drive-In Ancol dan di area Dunia Fantasi, Jakarta Utara itu seperti menjadi tonggak sejarah bagi pergelaran festival musik jazz di Tanah Air. Panggung Jakarta International Jazz Festival tersebut di kemudian hari lebih dikenal dengan sebutan JakJazz.

Kehadiran JakJazz yang meski hanya sekejap ketika itu, namun mampu menambah suasana spirit bermusik jazz di Indonesia dan membuatnya lebih hidup. Penampilan mengesankan para musisi jazz itu menjadi inspirasi bagi para pemusik dan masyarakat pecinta musik jazz.

Musik berirama jazzy di blantika musik nusantara terus bermunculan dan menambah kaya khazanah warna musik Indonesia yang kala itu didominasi lagu-lagu beraliran rock, dangdut, dan pop dengan para penyanyi di antaranya seperti Rafika Duri, Iis Sugianto, Andi Meriam Matalatta, Deddy Dores, Nani Sugianto, Betharia Sonata, Ebiet G Ade, Dian Piesesha, Atiek CB, dan juga Nia Daniaty, serta segudang penyanyi top lainnya.

Di era yang sama, musik pop kreatif dan musik berbau jazz juga mulai berkembang serta mendapat tempat khusus di hati publik. Nama-nama seperti Ireng Maulana, Christ Kayhatu, Raidy Noor, Utha dan Benny Likumahua, Embong Raharjo, Yopie Item, Fariz RM, Dian Pramana Poetra, Chandra Darusman, Black Fantasi, Bhaskara, Karimata, Krakatau, Elfa Secioria, Vina Panduwinata, dan Chrisye sangat akrab di telinga masyarakat.

Sejak pergelaran JakJazz 1988, sejatinya pergelaran serupa selalu ditunggu publik. Panggung JakJazz kemudian digelar lagi tahun 1993, 1995, 1996 dan 1997. Ajang musik jazz ini sempat mangalami vakum, dan akhirnya digelar lagi 2006 hingga 2008 lalu tahun berikutnya kosong. Tahun 2010, panggung JakJazz bergoyang lagi. Meski gemanya tak terlalu jauh, namun para penggemar jazz di Jakarta dan sekitarnya tetap bisa terhibur dan menikmati performa musisi jazz dari dalam dan luar negeri yang digelar di Mal Gandaria City, Jakarta Selatan itu. 

Ajang JakJazz digelar lagi. Panggung Jakarta International Jazz Festival 2012 yang ke-9 ini akan digelar mulai Jumat, 19 Oktober hingga Minggu, 21 Oktober di Istora Senayan Jakarta. Selain para musisi jazz top dari dalam negeri, beberapa pemusik jazz luar negeri juga bakal tampil meramaikan ajang akbar ini, seperti Incognito, Mezzoforte, Jeff Lorber Fusion, dan Tetsuo Sakurai, serta musisi jazz terkenal lainnya. (* dari berbagai sumber/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.