by

10 Lagu Paling Bahaya Guns N' Roses

  • Musik
  • 0
  • 23 Okt 2012 17:45
Liputan6.com, Cleveland: Perselisihan antarpersonel band yang berujung hengkangnya beberapa pemain kunci memang kerap terjadi di jagat musik. Pun demikian yang terjadi pada Guns N` Roses kendati saat masa kejayaannya, grup glam metal asal Los Angeles, Amerika Serikat yang berkibar sejak 1985 itu sempat disebut "Band Paling Berbahaya".

Dengar saja kebengalan vokal khas Axl Rose, sayatan gitar Slash, kejeniusan Izzy Stradlin, sehingga membuat grup ini mampu menorehkan karya-karya luar biasa yang masih mantap didengar telinga pencinta musik cadas hingga 2012 ini.

Boleh dibilang, empat album awal Guns N` Roses adalah paling digemari oleh fans mereka. Yaitu, Appetite for Destruction (1987), G N` R Lies (1988), Use Your Illusion I (1991), dan Use Your Illusion II (1991).

Ada dua album lain, yakni The Spaghetti Incident? (1993), album terakhir saat Axl masih akur dengan Slash dan Duff McKagan (dan Matt Sorum serta Gilby Clarke).

Namun agak sukar memilihnya karena semua lagu di album itu bukan lagu asli mereka. Di album itu, Guns N` Roses sulit mengulangi sukses rekaman terdahulu, misalnya lagu Mama Kin (Aerosmith),

Sementara, Chinese Democracy (2008) memang bukan tergolong album jelek. Hanya saja yang membawakan cuma Axl Rose dan segerombolan temannya.

Terlepas dari itu, pilihan lagu adalah soal selera dan apresiasi. Namun tak ada salahnya menyimak lagi lagu-lagu terbaik mereka, terutama menjelang konser Guns N` Roses di Jakarta pada 15 Desember mendatang [baca: GN`R, Band Berandalan Itu Akhirnya Bakal Datang].

Berikut 10 lagu terpenting Guns N`Roses yang belum lama ini dirilis laman rockhall.com:

1. Welcome to the Jungle
Welcome to the Jungle adalah pembuka serangan Guns N` Roses terhadap band-band rock n` roll utama era 80-an. Lagu pertama dari album keluaran 1987, Appetite for Destruction, dianggap sebagai antitesis dari pop metal yang sangat disukai di era radio rock.

2. Sweet Child O`Mine

Ini adalah lagu yang membantu melambungkan nama Guns N` Roses ke puncak tangga lagu Billboard pada 1988. Serta, mendongkrak penjualan album Appetite for Destruction hingga lebih dari 18 juta kopi.

Lagu ini sekaligus menjulangkan Slash sebagai salah satu pahlawan gitar terpandang. Sosok Slash pun dikuatkan dengan topi hitam penyihir dan rambut gimbal panjang, serta gitar Gibson Les Paul yang tersampir di tubuhnya.

3. Paradise City

Kendati era 80-an dapat dianggap sebagai masa keemasan hard rock, Paradise City masih bisa menjadi hit radio. Paradise City adalah single ketiga dari album Appetite for Destruction yang menggapai tangga lagu Top 10.

4. Patience

Patience adalah sebuah lagu balada akustik pada album G N` R Lies. Jika pada Appetite for Destruction, Axl Rose memamerkan jeritan vokal nan liar di hampir seluruh lagu, maka pada lagu Patience ia justru merintih lebih tenang. Bersiul dengan penuh kelembutan. Sementara, Slash dan personel lain menyampaikan melodi dengan selera tinggi.

5. Used To Love Her


Makna lagu ini memang terbuka untuk diperdebatkan. Namun dengan penuh perasaan, Slash tetap memamerkan fleksibilitas sebagai gitaris.

6. You Could Be Mine

You Could Be Mine menjadi lagu tema film Terminator II: Judgment Day yang menampilkan tokoh cyborg yang diperankan Arnold Schwarzenegger.

7. November Rain

November Rain salah satu single terakhir yang muncul dari album ganda Use Your Illusion nan megah. Dalam lagu seperti ini, Guns N` Roses tampaknya mengikuti jejak band-band seperti Led Zeppelin dan Queen.

8. Civil War

Civil War termasuk bagian album Use Your Illusion II. Lagu ini mengambil tema atau narasi besar terhadap perang.

9. Live and Let Die

Awalnya direkam oleh Paul McCartney dan Wings untuk film James Bond produksi 1973. Guns N` Roses kemudian mengubah resonansi lagu dengan musik cadas.

10. Better

Better adalah salah satu lagu dari album Chinese Democracy. Guns N` Roses mulai menulis materi untuk album baru pada 1994. Selanjutnya mulai merekam musik pada 1996, namun mengalami banyak perubahan line-up dan produksi. Dilaporkan selesai album baru pada 2006 dan dirilis pada 2008.(ANS)
Comments
Sign in to post a comment