Sukses

Asyik, Ada 50 Film di Europe on Screen

"Dalam festival kali ini, akan ada 50 film dari 31 negara Eropa," kata Direktur Festival EOS 2012 Orlow Seunke.

Liputan6.com, Jakarta: Gelaran Festival Film Eropa atau lebih dikenal Europe on Screen (EOS), tahun ini akan menghadirkan 50 film dari 31 negara. Rincinya, sebanyak 24 dari 27 negara Uni Eropa dan tujuh negara Eropa lainnya, yakni Krosia, Republika Makedonia, Islandia, Montenegro, Serbia, Swiss, dan Turki.

"Dalam festival kali ini, akan ada 50 film dari 31 negara Eropa," kata Direktur Festival EOS 2012 Orlow Seunke saat jumpa pers di Hotel Intercontinental, Jakarta, Selasa (13/11/2012).

Festival tahunan kali ini, menurut Orlow, akan dibagi menjadi tiga kategori film. Yaitu, Xtra, Discovery, dan Documentary. Bagian Xtra menampilkan film-film hit box seperti Rare Exports, Hell, The Heineken Kidnapping, serta beberapa judul film yang mendapatkan penghargaan seperti Amour dan In a Better World.

"Untuk section ini akan ditayangkan di Blitz Megaplex Grand Indonesia, The Erasmus Huis dan The GoetheHaus," katanya. Sedangkan dari bagian Discovery, adalah film dari sutradara serta artis yang belum terlalu terkenal.

"Untuk section ini, sama-sama film bagus hanya saja sutradara serta artisnya kurang dikenal," kata Orlow.

Bagian ketiga adalah Documentary. Film dokumenter yang akan diputar mencapai 16 judul. "Dokumenter besar serta Discovery bagian akan diputar di The Erasmus Huis dan Istituto Italiani di Cultura," ungkapnya.

Festival ini akan dimulai 25 November hingga 1 Desember 2012. Film pembuka datang dari Perancis, berjudul Rust and Bone (De rouille et do's) dan ditutup dengan film dari Belanda berjudul The Heineken Kidnapping.

Orlow selaku Film Director EOS 2012 menyatakan pula bahwa dirinya ingin mengubah citra film Eropa yang terlalu sulit dicerna, "berat" dan tanpa ending.

"Citra film Eropa tidak terlalu bagus, saya ingin mengubahnya lewat festival ini," ujarnya. Orlow juga berharap, penonton Indonesia bisa menikmati festival ini. "Selamat menikmati film serta festivalnya," pungkasnya.(ANT/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.