Sukses

Salemba Band, Suara Musik dari Penjara

Seni dan karya bisa datang darimana saja. Di dalam rutan (rumah tahanan) sekalipun, ekspresi dalam berkesenian pun bisa didengar hingga ke seluruh pelosok Indonesia.

Seni dan karya bisa datang darimana saja. Di dalam rutan (rumah tahanan) sekalipun, ekspresi dalam berkesenian pun bisa didengar hingga ke seluruh pelosok Indonesia.

Adalah Salemba Band, grup band yang lahir di Rutan Salemba sejak beberapa tahun silam. Hingga kini, grup band yang sudah berganti-ganti personil tersebut masih eksis menyuarakan karya seni yang lahir di balik jeruji besi.

"Total, kita sudah lahirkan dua album. Yang pertama bertema cinta dan yang kedua bicara soal nasionalisme," ujar Rio, tim promosi dan kreatif Salemba Band kepada Liputan6.com di Rutan Salemba, Jakarta Pusat, Minggu (30/12/2012).

Salemba Band kini menyisakan personel Raditya (vokal/keyboard), Kiki (gitar), Marcell (bass), Bardi (drum), Ressy dan Ricky (reggae dan rap vocalist). Sebelumnya, ada beberapa personel yang sudah bergabung dan ikut membesarkan nama Salemba Band, tapi kini telah selesai menjalani hukuman di Rutan Salemba.

"Total personil 12 orang termasuk tim promo dan personel player. Tapi, Salemba Band yang sekarang bukan personel yang pertama kali terbentuk karena ada yang sudah bebas dan melanjutkan hidup di luar," tambah Rio.

Di dalam rutan, aktivitas bermusik Salemba Band ditangani langsung oleh Sutedi SH, Staf KPR Rutan Salemba. "Karena terus terang, di dalam rutan semua warga binaan perlu hiburan. Menjalani masa tahanan di dalam penjara itu satu jam seperti sebulan, satu hari seperti setahun, lama sekali. Kasihan kalau mereka hanya menjalani hukuman tanpa diberi aktivitas positif," papar Sutedi.(MER)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.