Sukses

Giliran Foto Berwarna Beatles di Las Vegas Dilelang

Ada 65 foto slide yang mengabadikan aksi John Lennon cs berada di atas panggung. Semisal ketika George Harrison beraksi dengan gitar Rickenbacker-nya.

Barang-barang kenangan dari The Beatles memang senantiasa menjadi daya tarik. Kali ini foto berwarna grup musik legendaris asal Liverpool, Inggris itu yang belum pernah diterbitkan saat tur pertama mereka ke Amerika Serikat akan dilelang.

Seperti belum lama ini dilansir laman BBC, ada 65 foto slide yang mengabadikan aksi John Lennon cs berada di atas panggung. Semisal ketika George Harrison beraksi dengan gitar Rickenbacker-nya.

Saat itu, tepatnya pada Agustus 1964, The Beatles sedang menggelar serangkaian konser musik di AS setelah tampil di acara televisi dengan pembawa acara terkenal Ed Sullivan pada Februari tahun yang sama.

Foto-foto itu diambil oleh penemu dan peneliti Dr. Robert "Bob" Beck yang meninggal dunia pada 2002. Dia meninggalkan sejumlah besar arsip foto di rumahnya di Holywood, Los Angeles, AS.

Setelah keberhasilan The Beatles di AS dalam tur tersebut, foto berwarna mulai digunakan secara meluas untuk merekam penampilan mereka yang berikutnya di negara itu.

Barang-barang peninggalan kelompok musik asal Inggris itu memang masih tetap menarik perhatian banyak orang dan meraih nilai tinggi jika dilelang.

Pada pekan silam, piringan hitam langka The Beatles, Please Please Me, yang ditandatangani keempat personelnya terjual 12 ribu poundsterling atau sekitar Rp 180 juta lewat lelang.

Adapun Ernie Sutton dari Klub Penggemar Beatles di Inggris mengatakan foto-foto berwarna karya Dr. Beck memperlihatkan The Beatles pada 1964 ketika di atas panggung dan juga di luar panggung.

"Foto-foto baru yang muncul dari The Beatles selalu menjadi daya tarik bagi penggemar. Namun sebagian besar foto dari tur itu adalah hitam putih."

"Menyenangkan melihat foto berwarna dari tur mereka yang bersejarah," tambah Sutton.

Selain foto saat konferensi pers di Hotel Sahara, di Las Vegas, Dr Becks juga mengabadikan The Beatles dalam pesta pribadi di rumah milik Presiden Capitol Records saat itu, Alan Livingston, di kawasan permukiman mewah Beverly Hills.

Lelang foto akan berlangsung pada 22 Maret mendatang. Ini bersamaan dengan peringatan 50 tahun album pertama The Beatles, Please Please Me.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini