Sukses

Agnes Monica Vs Anggun, Lebih Suka Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Dalam industri musik Indonesia, kata Go International merupakan hal yang paling didambakan oleh para musisi nasional. Dari sekian banyak pekerja seni yang berjuang di panggung hiburan tanah air, tercatat baru beberapa saja yang sanggup membuktikan dirinya berjaya di luar negeri.

Kali ini, kami akan mengajak anda untuk membahas tentang dua penyanyi yang telah sukses merambah dunia musik Internasional. Siapa saja? Simak ulasannya berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Agnes Monica

Mendengar nama Agnes Monica, kita tentu akan ingat pada slogan Go International yang kerap dilontarkannya di sepanjang karirnya.

Memulai karirnya sejak umur 6 tahun, Agnes berhasil menjadi salah satu penyanyi anak yang berjaya di masa 90an. Di masa itu, ia bahkan telah menelurkan tiga album anak-anak yaitu Si Meong (1992), Yess! (1995), dan Bala-Bala di tahun 1996.

Setelah beranjak dewasa, Agnes kembali naik panggung musik melalui album And the Story Goes di tahun 2003. Cukup sukses di album pertama, pelantun Bukan Milikmu Lagi itu memantapkan karier bermusiknya lewat Whaddup A'..?! di tahun 2005.

Hasilnya? nama Agnes berkibar. Diiringi dengan kemampuannya dalam dunia akting yang menggelegar pascasinetron Pernikahan Dini di 2001 silam serta belasan judul sinetron lain, harapan Go International pun semakin gencar diucapkannya.

Sayangnya, semua tak selalu berjalan mulus. Nada-nada miring yang mempersoalkan kemiripannya dengan penyanyi Internasional kerap bermunculan. Sebut saja salah satunya sindiran mengenai gayanya yang kerap dibandingkan dengan artis-artis luar semacam Rihanna dan sebagainya.

Namun, tak ada yang salah juga dengan itu sebenarnya. Lewat suksesnya album ketiga bertajuk Sacredly Agnezious (2009) serta terpilihnya dia menjadi salah satu host di acara American Music Awards di tahun 2010, terlihat jika apa yang diteriakannya selama ini tak sekedar ucapan belaka.

Selain itu, Agnes juga memiliki kemampuan dance yang luar biasa. Lihat saja aksinya saat bermain di atas panggung. Jadi, dalam konteks ini, bukan hal yang mustahil bagi Agnes untuk menjadi penyanyi nomer satu di dunia Internasional.

3 dari 3 halaman

Anggun C Sasmi

Anggun Cipta Sasmi lahir pada 29 April 1974 di Jakarta. Di bawah bimbingan Ian Antono, Anggun yang kala itu masih berumur 12 tahun pun berhasil mengeluarkan album perdananya yang diberi judul Dunia Aku Punya di tahun 1986.

Lima tahun setelah itu, Anggun kembali berjuang di dunia musik. Melalui album-album berikutnya yakni Anak Putih Abu Abu (1991) dan Nocturno (1992), nama Anggun pun akhirnya sukses menjelma menjadi salah satu penyanyi rock paling sukses di paruh awal 1990-an.

Karir internasional Anggun sendiri dimulai ketika dirinya bertemu dengan Erick Benzi, seorang produser besar di Prancis. Terpikat oleh kemampuan vokalnya, salah satu orang yang paling bertanggung jawab dalam menggarap album penyanyi-penyanyi internasional seperti Celine Dion dan Johnny Hallyday tersebut pun mengajaknya untuk membuat album. 

Dari sana lah, Anggun mulai merambah dunia musik Internasional lewat lima album yang dirilisnya dalam dua bahasa yakni Inggris dan Prancis. Memakai nama-nama indah seperti Snow on the Sahara (1997), Chrysalis (2000), Luminescence (2005), Elevation (2008), hingga Echoes, sosok Anggun pun dikenal luas hingga daratan Eropa.

Lantas, dari kedua penyanyi besar ini, siapa yang paling menarik perhatian kamu? Yang pasti, siapapun pilihan kamu... Keduanya adalah aset penting bagi Industri musik Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.