Sukses

B'z, Duo Rocker Cadas Jepang Pencetak Album Terlaris

Mendengar nama B'z, pasti tak sefamiliar saat mendengar nama L'Arc-en-Ciel, Glay atau The Gazette. Memang band ini tidak terlalu dikenal di luar Jepang. Namun untuk urusan kandang, mereka adalah rajanya!

Di Indonesia, mendengar nama B'z, pasti tak sefamiliar saat mendengar nama L'Arc-en-Ciel, Glay atau The Gazette. Memang band ini tidak terlalu dikenal di luar Jepang. Namun untuk urusan kandang, mereka adalah rajanya!

Band ini sudah merilis 18 album dan puluhan single. Selain itu belasan video live baik dalam bentuk VHS, DVD, maupun Blu-ray telah mereka hasilkan. B'z masih memegang rekor sebagai grup rock Jepang yang albumnya paling banyak terjual di seluruh dunia dengan angka 80 juta kopi. 

Pada 2007 , mereka menjadi satu-satunya musisi dari Asia yang tanda tangan serta cetak tangannya dipajang di Hollywood RockWalk. Duo rocker yang terdiri dari Koushi Inaba (vokal, lirik) dan Takahiro "Tak" Matsumoto (gitar, komposer, produser) ini berdiri pada tahun 1988. 

Pada awal karir, mereka mengusung aliran yang berbau eksperimen dance hingga berubah menjadi blues dan akhirnya konsisten dengan warna hard rock hingga sekarang. Tanpa drummer dan bassist, mereka menggunakan synthesizer dan sampler untuk mengisinya.

Awal terbentuknya bermula ketika Tak Matsumoto yang bekerja sebagai gitaris grup TM Network mengumumkan bahwa ia berniat membentuk grup baru setelah merilis album solonya. Akhirnya di tahun 1988, Tak Matsumoto menerima demo rekaman dari seorang sarjana bernama Koushi Inaba yang menyanyikan lagu The Beatles. Akhirnya Tak Matsumoto pun tertarik dengan suaranya. Jadilah mereka duo yang sukses merampok pasar musik Jepang. 

Album perdana mereka yang berjudul B'z dirilis 1988. Mereka pertama kali merajai peringkat album Jepang melalui Risky (1990). Hingga 1994, mereka merilis sebanyak 7 album dan 4 mini album. Barulah pada 1995 mereka sukses setelah merilis album berjudul Loose. Setelah itu hingga sekarang, mereka selalu merajai tangga album Oricon.

Lagu mereka yang paling digandrungi antara lain Ai no Mama ni Wagamama ni Boku wa Kimi dake wo Kizutsukenai, Hadashi no Megami, Love Phantom, Blowin', Negai, serta Don't Leave Me. Lagu-lagu lain seperti Giri Giri Chop, Shoudou, Yuruginaimono Hitotsu, Don't Wanna Lie menjadi tema anime Detective Conan. Lagu Konya Tsuki No Mieru Oka Ni sempat populer di Indonesia karena menjadi soundtrack dorama Beautiful Life yang sempat tayang di sini.

Album kompilasi yang berjudul B'z The Best Pleasure tercatat menjadi album terlaris mereka yang dicetak sebanyak 5 juta kopi. Sang Vokalis Koushi Inaba pernah menjadi vokalis tamu gitaris ternama Steve Vai di lagu Asian Sky. Sementara Tak Matsumoto pernah membuat proyek bersama mantan vokalis Mr. Big Eric Martin dengan nama Tak Matsumoto Group.

Meski saat ini usia mereka sudah sudah berada di sekitar angka 50 tahun, namun hingga kini mereka masih tetap enerjik dan cadas.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini