Sukses

Iyeth Bustami Ingin Angkat Pamor Musik Melayu

Iyeth Bustami melihat perhatian masyarakat terhadap keberadaan musik Melayu belum pudar.

Iyeth Bustami melihat perhatian masyarakat terhadap keberadaan musik Melayu belum pudar. Kesempatan tersebut ingin dimanfaatkannya untuk kembali menaikkan pamor musik Melayu di negeri sendiri.

"Indonesia sempat jadi kiblat untuk musik Melayu di Asia Tenggara. Saya ingin sekali mengulang sejarah itu dengan membesarkan musik Melayu," harap Iyeth di peluncuran buku "Kesan dan Kesaksian Perjuangan Darori Wonodipuro, Penuturan Sahabat, Kolega dan Keluarga" di Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2013).

Pelantun lagu 'Laksmana Raja Di Laut' juga menginginkan adanya bantuan musisi-musisi yang juga peduli pada kelestarian musik Melayu di Indonesia.

"Karena selama ini saya seperti jalan sendirian. Kalau teman-teman saya di Malaysia, membesarkan musik Melayu disana selalu dapat bantuan dari kalangan musisi dan produser, sangat berbeda dengan Indonesia," papar dia.

Iyeth tak ingin menyalahkan minat masyarakat yang lebih dominan pada musik-musik pop yang dibawakan oleh grup band dan boyband yang tengah menjamur di pentas musik.

"Sekarang kan kiblatnya kesitu semua, musik pop yang dibawakan oleh anak band, girlband dan boyband kan masih jadi perhatian utama di pasar musik. Itulah kendala terbesar dalam mempromosikan dan meningkatkan pamor musik Melayu di negara kita," pungkasnya.(Gie/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.