Sukses

18 Tahun Berkarier, /rif Luncurkan Album 18 Years of Rock

Rif merayakan ulang tahunnya yang ke-18 dengan cara meluncurkan album yang khusus dibuat untuk para pecinta band beraliran rock ini. Di dalam albumnya, terdapat 18 lagu yang terpampang.

Bagi sebuah band, menjalani karier di bidang musik selama hampir dua dekade merupakan hal yang sangat istimewa. Beberapa band memiliki konsepnya sendiri saat merayakan ulang tahunnya. Salah satunya adalah rif yang kini sudah mengabdi selama 18 tahun di belantika musik Indonesia.

Rif merayakan ulang tahunnya yang ke-18 dengan cara meluncurkan album yang khusus dibuat untuk para pecinta band beraliran rock ini. Di dalam albumnya pun terdapat 18 lagu yang terpampang.

Ditemui Jumat (29/3) malam kemarin di Cafe Beer Brother, Kemang, Jakarta Selatan dalam rangka peluncuran album terbarunya, 18 Years of Rock, Andi Rif menjelaskan beberapa detail mengenai album terbaru bersama bandnya ini.

"Di usia 18 kami merasa sedang boleh ngapa-ngapain. Inginnya memberi suatu hadiah istimewa buat pecinta musik rif dengan memberikan 1 album," tumpah Andi.

Lalu saat ditanya mengenai format albumnya, ia menjelaskan, "Albumnya unik karena berisi 18 lagu. Semuanya dibuat secara live recording. Kami juga mengambil lagu lama dari album pertama sampai ketujuh. Tapi ini bukan album the best, ini hanya rangkuman perjalanan rif selama 18 tahun."

Andy juga sempat ditanya mengapa lokasi launching albumnya di Jakarta. "Sebenarnya sudah dilakukan launching di 3 kota, Bandung, Surabaya dan Jogja. Ya, kami ingin teman-teman wartawan juga merasakan kebersamaan dari launching ini. Kami ada kerjasama dengan guiness. Banyak juga rangkaiannya, ada games, ada vooting juga untuk rif, sampai tur 11 kota rif selesai." ungkapnya.

Ketika ditanya apakah ini salah satu bentuk comeback rif, mereka menjawab bahwa mereka selalu comeback namun tak masalah jika dibilang comeback lagi. "Ini saatnya kami menggempur balik dunia musik seiring album baru kita," tukas Andi

Andi pun mengklaim bahwa musik rif tetap beraliran rock. "Kami tidak bisa memainkan musik lain, kecuali musik yang kami ciptakan dari 18 tahun lalu. Kalau sekarang ada musik lain, ya silahkan saja. Jadi tambah ramai."

Rif pun merasa tidak minder dengan semakin ramainya musik-musik beraliran lain yang masuk. "Kenapa harus menyerah. Kami hanya senang bermusik. Kalau suka, silahkan dengar. Kalau tak suka, ya jangan didengarkan. Saya juga punya idola band-band lain."

Saat ditanya mengenai perubahan aransemen musik rif di album terbaru, Andi membenarkan, "Iya, di album baru banyak aransemen lagu yang kita balik. Lagu yang aslinya kencang dibawakan lebih lembut. Dan ada beberapa lagu yang dimedley. Untuk lagu barunya tetap kencang-kencang."

Selain beberapa lagu lama yang diubah aransemennya, album 18 Years of Rock juga menghadirkan tiga lagu baru, Cinta, Luka dan Party Lagi. Di album ini juga terdapat lagu yang turut dibawakan oleh penyanyi Judika.

Ditanya mengenai jumlah lagu barunya yang cuma ada tiga, Andi menjelaskan, "Karena konsep album ini perjalanan, jadi kita merangkum semua lagu lama dan digabung menjadi tiga lagu baru."

Rencananya, rif juga akan bermain di Dublin bila terpilih dalam suatu festival. Lalu di album terbarunya ini, mereka mendaur ulang lagu Ikang Fawzi dan Anggun C. Sasmi.

Rif (biasa ditulis /rif) merupakan band asal Bandung yang beraliran rock. Terbentuk sejak 1997, beberapa kali rif ditinggal personelnya. Kini rif sedang mantap dengan formasi Andy (vokal), Jikun (gitar), Ovy (gitar), Tedy (bas), dan Magi (drum).(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.