Ustadz Riza Muhammad: Punya Istri Lebih dari 4, Haram!

on

Usaha Eyang Subur dan pengacaranya meminta fatwa MUI tentang memiliki istri lebih dari empat sepertinya percuma. Karena dalam Al Quran dan hadist jelas, seorang muslim dilarang memiliki istri lebih dari empat.

Hal tersebut disampaikan Ustadz Riza Muhammad. Menurut Ustadz Riza, jika mengaku sebagai seorang muslim yang baik, seharusnya Eyang Subur tahu mengenai hukum pernikahan. Karena dalam Al Quran surat An Nisaa ayat 3 dijelasan bahwa seorang muslim hanya boleh memiliki istri empat orang saja.

"Menurut saya, kalau dia (Eyang Subur) muslim yang baik dan tahu tentang Islam, tidak perlu mendatangi MUI. Tinggal lihat saja Al Quran surat An Nisaa ayat 3 dan hadist. Itu sudah final," kata Ustadz Riza, saat dihubungi via telpon, Sabtu (6/3/2013).

Dalam surat An Nisaa ayat 3, mengatakan Allah memperbolehkan seorang muslim memiliki empat istri. Namun Allah mengimbau, sebaik-baiknya seorang muslim memiliki hanya satu istri saja.

Surat An Nisaa ayat 3 berbunyi:
dan jika kamu takut tidak akan dapat Berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), Maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat Berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.

Selain ayat Al Quran, beberapa hadist juga bicara mengenai larangan menikah lebih dari empat. Salah satu hadist yang melarang seorang muslim memiliki istri dari empat adalah hadist Ibnu Hibban:

Dan berkata Nabi SAW kepada Ghailan bin Salamah saat masuk Islam, dan saat masuk Islam memiliki 10 istri, kemudian Nabi bersabda: Pertahankan 4 istrimu dan ceraikan sisanya, hadits Ibnu Hibban.
Dan berkata Naufal bin Mu’awiyah: saat beliau masuk Islam memiliki 5 istri dan berkata Nabi SAW agar saya menceraikan 1 istri saya dan pertahankan yang 4 lagi…

Menurut Ustadz Riza, Islam melarang seorang muslim memiliki istri lebih dari empat orang karena demi kebaikan umat. Manusia sebagai tempat salah dan dosa, akan sangat rentan berbuat aniaya.

"Karena manusia itu tempatnya salah dan lupa. Ditakutnya, kalau memiliki istri lebih dari empat akan berbuat aniaya, lupa dan tidak adil," jelas Ustadz Riza.

"Para sahabat Rasulullah sepakat, imam-imam sepakat bahwasanya tidak boleh memiliki istri lebih dari empat orang. Ini sudah final karena berdasarkan Al Quran dan hadist," jelas Ustadz Riza.(Fei)
Suka artikel ini?

0 Comments