Sukses

6 Film Laris Mancanegara yang Berbiaya Rendah

Suatu film bisa laris karena berbagai faktor, bisa berupa, kualitas, promosi, hingga momentum yang ada. Ada beberapa film yang biaya pembuatannya besar, namun anjlok di box office. Sementara yang biayanya kecil malah laris di pasaran.

Biaya besar bukanlah jaminan suatu film akan laris manis seperti jagung berondong. Suatu film bisa laris karena berbagai faktor. Bisa berupa, kualitas, promosi, hingga momentum yang ada.

Bila kita menilik ke ranah Hollywood, ada beberapa film yang biaya pembuatannya besar namun anjlok di box office. Begitu juga sebaliknya, film yang biayanya kecil ada juga yang begitu dipasarkan larisnya melebihi dugaan para pembuatnya.

Berikut ini merupakan judul-judul film yang laris meskipun biaya pembuatannya sangart minim. Bahkan, para pembuat film pun tak menduga bahwa penjualan filmnya akan melebihi perkiraan.

1. Paranormal Activity (2009)
Siapa yang belum menonton Paranormal Activity? Film dengan genre horor ini, dari tampilannya sejak awal hingga akhir terlihat sederhana. Kemasan film ini pun tidak terlalu megah, hanya memperlihatkan sudut pandang kamera di sebuah kamar serta sekitar rumah. Meskipun sederhana, namun film ini sempat digandrungi para penggemar genre horor. Penjualannya di box office pun cukup spektakuler. Film ini dibuat dengan biaya 15 ribu dollar Amerika Serikat dan meraup box office sebanyak 193 juta dollar.

2. Rocky (1976)
Selain Rambo, film inilah yang mengangkat nama Sylvester Stallone menjadi seorang aktor besar. Menjelajahi genre olahraga tinju, film Rocky hanya dibuat dengan biaya 1 juta dollar. Namun, film ini mampu meraih pendapatan sebanyak 225 juta dollar. Selain meraih penghasilan yang besar, Rocky juga meraih banyak penghargaan. Salah satunya adalah dengan memenangkan tiga piala Oscar dari tujuh nominasi yang ada.

3. Once (2007)
Berbekal biaya 150 ribu dollar, film arahan John Careny ini sukses meraup keuntungan 20 juta dollar. Once bertemakan seorang musisi jalanan yang punya keinginan untuk rekaman di sebuah label besar. Ia pun bertemu seorang perempuan yang akhirnya membuat impiannya menjadi nyata. Once yang bertema musikal drama ini juga mampu memenangkan Academy Award 2007 dalam kategori Best Song.

4. The Blair Witch Project (1999)
Berbekal kamera genggam, film yang kebanyakan settingnya di hutan ini mampu meraih pendapatan besar meski biayanya tak seberapa. Selain itu, nuansa menyeramakan di film ini pun sangat terasa. Bahkan, dari sekian banyak penghargaan yang ada, film ini mampu meraih 11 penghargaan. Berbekal biaya 22 ribu dollar, The Blair Witch Project mampu meraih pendapatan 248 juta dollar.

5. The King's Speech (2010)
Disutradarai oleh Tom Hooper, film tentang biografi salah satu raja Inggris ini mampu memikat banyak penggemar film drama-komedi. Meskipun film ini disukai banyak orang setelah mendengar orang-orang lain juga menyukai, tapi pendapatan yang diraih cukup besar. Berbekal biaya 15 juta dollar, The King's Speech mampu meraih pendapatan 414 juta dollar.

6. Slumdog Millionaire (2008)
Siapa tak mengetahui Slumdog Millionaire? Film bergenre drama komedi besutan Danny Boyle ini mengambil tema India di dalamnya. Film ini melibatkan suatu acara televisi, Who Wants To Be A Millionaire. Selain itu, film ini juga sempat mendapat berbagai macam penghargaan. Slumdog Millionaire meraih 377 juta dollar dengan biaya pembuatan 15 juta dollar.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini