Sukses

VIDEO: Misteri Jatuhnya Pesawat Lion Air

Petaka kembali menimpa dunia penerbangan di Tanah Air. Pada Sabtu (13/4/2013), laut Bali menjadi saksi bisu atas jatuhnya pesawat Boeing 737-800 NG milik Lion Air dekat landas pacu Bandara Ngurah Rai, Denpasar. Kendati tak ada korban jiwa, kecelakaan pesawat itu pun masih menimbulkan tanda tanya.

Petaka kembali menimpa dunia penerbangan di Tanah Air. Pada Sabtu (13/4/2013) silam, laut Bali menjadi saksi bisu atas jatuhnya pesawat Boeing 737-800 NG milik Lion Air dekat landas pacu Bandar Udara Ngurah Rai, Denpasar. Kendati tak ada korban jiwa, kecelakaan pesawat itu pun masih menimbulkan tanda tanya.

Sejauh ini belum diketahui penyebab pesawat Lion Air itu gagal mencapai landasan hingga jatuh di perairan dekat bandara. Soal kelaikan Boeing 737-800 ini pun tak perlu diragukan. Pesawat tersebut juga baru diterbangkan 146 jam. Sang pilot Mahlup Gozali juga cukup berpengalaman dengan lebih dari 10.000 jam terbang.

"Penumpang katakan sudah siap mendarat, checklist sudah selesai, pilot sudah prepare untuk mendarat, mungkin runaway-nya sudah siap. Tiba-tiba saja, kenapa ada di air. Di sini pertanyaan paling besar," ujar Presiden Federasi Pilot Indonesia Hasfrinsyah [baca: Misteri Jatuhnya Lion Air di Bali].

Adapun Direktur Umum Lion Air Edward Sirait mengklaim pesawat Lion Air JT 904 jurusan Bandung-Denpasar yang jatuh di Laut Bali merupakan termasuk pesawat tercanggih di kelasnya. Pesawat dalam kondisi yang layak. "Pesawat ini baru didatangkan tahun 2012, dan terbang dalam kondisi laik terbang," ujar Edward [baca: Lion Air: Pesawat Baru Didatangkan 2012, Kondisi Baik].

Sejauh ini Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat berpenumpang 101 orang dengan tujuh kru tersebut. KNKT juga berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat untuk memastikan kondisi cuaca saat kejadian berlangsung.

Jatuhnya pesawat Lion Air di Bali, mengundang beragam tanggapan dari masyarakat hingga kalangan artis. Presenter cantik Donna Agnesia, misalnya. Istri Darius Sinathrya itu pun mengaku prihatin. Walau prihatin, Donna mengaku bersukur lantaran tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan pesawat tersebut.

"Namanya musibah bisa terjadi kapan saja, di mana saja, ya belum diketahui itu penyebabnya apa, tapi syukur kepada Tuhan, tidak ada korban jiwa, kalau memang penyebabnya human error ya nanti bisa diperbaiki dan dibenahi," ucap Donna [baca: Lion Air Jatuh, Kalangan Artis Turut Prihatin].(Waswas/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini