Sukses

4 Saran Kevin Aprilio untuk Peserta Ujian Nasional

Siswa-siswi yang duduk di bangku SMA tengah berjuang menghadapi ujian nasional. Jika tak lulus ujian, maka mereka tak dapat melanjutkan ke tingkat pendidikan selanjutnya.

Ujian Nasional adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antardaerah. Saat ini, siswa-siswi yang duduk di bangku sekolah menengah atas tengah berjuang menghadapi ujian nasional. Jika tak lulus ujian, maka mereka tak dapat melanjutkan ke tingkat pendidikan selanjutnya, kecuali mengambil sistem kejar paket c. Eits jangan takut, Kevin Aprilio punya 4 tips saat bertarung melawan soal-soal ujian nasional:

1.Jangan Menyontek
"Yang lagi ujian jangan pernah menyontek ya, supaya jadi berkah ke depannya. Kalau kita berhasil dengan usaha sendiri, percaya deh hasilnya pasti akan lebih baik dan berbeda. Ada feel yang beda saat kalian tidak menyontek walapun hasilnya tidak maksimal, tidak mendapatkan nilai sempurna. Kalian tetap tahu itu adalah jerih payah sendiri."

2.Jangan Begadang
"Waktu tidur harus cukup, tidur jangan begadang, biar nilai ujian nasionalnya bagus. Kalau kalian tidur malam, waktu tidur kurang, saat ujian bisa-bisa mengantuk. Nanti bukannya mengerjakan soal ujian, yang ada malah ketiduran di ruang kelas. Ingat ya jangan tidur malam-malam."

3. Cukup Makan
"Tubuh yang fit juga penting. Coba deh pola makannya yang benar. Makan yang cukup, banyak gizinya. Sama seperti waktu tidur, jangan sampai saat mengerjakan soal ujian nggak bisa gara-gara lapar. Apalagi untuk yang punya penyakit maag, bisa bahaya kalau lagi saat genting seperti ini."

4. Perhatikan Pola Belajar
"Belajar jangan di last minute, jangan sistem kebut semalam, bikin buyar.. Sebaiknya belajar sama teman boleh juga, jadi cepat nangkep, atau bisa juga kursus, proses belajar jadi efektif."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini