Sukses

5 Album L`Arc-en-Ciel Terlaris

Band Jepang asal Osaka, L`Arc-en-Ciel telah merilis 12 album hingga kini. Perlu diketahui, terdapat beberapa album di era 1990an hingga awal 2000 yang terjual laris. Apa sajakah itu?

Penggemar musik Jepang pasti tidak akan asing lagi dengan band L'Arc-en-Ciel atau yang akrab disebut Laruku. Tidak mudah bagi fans Musik Jepang untuk melupakan nama Laruku dari ingatan di kepala.

Band yang menjadi top melalui lagu-lagu seperti Blurry Eyes dan Stay Away ini, sempat digandrungi oleh anak-anak muda Indonesia pada pertengahan hingga akhir 2000 silam.

Bahkan, pada World Tour 2012 L'Arc-en-Ciel tahun lalu, Laruku sempat mampir ke Jakarta demi memuaskan hasrat penggemarnya di Indonesia. Saat itu, mereka sekaligus mempromosikan album terbaru yang rilis 2012 lalu, Butterfly.

Dari ke-12 album yang sudah dirilis Laruku, beberapa diantaranya terjual lebih dari 1 juta kopi. Laruku memang terkenal sebagai band yang memiliki komposisi unik serta mudah diterima lagu-lagunya oleh para pendengar musik.

Kuartet asal Osaka yang terdiri dari Hyde (vokal, gitar), Ken (gitar), Tetsuya (bass) dan Yukihiro (drum) ini, sukses menjual semua albumnya sebanyak 13 juta. Laruku juga masuk peringkat ke-58 sebagai band terbaik versi HMV Jepang. Lalu, apa sajakah album-album mereka yang paling laris?

1. Ark
Ini dia album yang sempat menjadi trend pada 1999 silam. Ark dirilis berbarengan dengan Ray. Album ini juga bersanding dengan album-album milik Glay dalam hal penjualan. Cobalah dengarkan lagu-lagu seperti Driver's High dan Heaven's Drive yang membawa kita pada suasana penuh dengan semangat. Kurang puas? Lagu-lagu seperti Dive to Blue dan Pieces pun dapat menggugah sanubari kita. Nomor-nomor lain seperti Perfect Blue serta What is Love juga layak untuk dinikmati. Ark tercatat terjual sebanyak 2,2 juta kopi.

2. Ray
Album yang dirilis bersama Ark pada 1999 ini memiliki tembang dahsyat berjudul Honey. Tak ada satu pun fans Laruku yang tidak mengenal lagu Honey. Selain videonya yang memang keren, lagu berirama rock ini memang mudah untuk dinikmati. Nomor-nomor lain seperti Snow Drop, Kasou, Shinshoku ~Lose Control~ juga menjadi andalan yang disukai oleh fans. Ray dinyatakan sukses meraih 2,1 juta kopi.

3. Heart
Heart adalah album kelima Laruku yang rilis pada 1998 lalu. Dalam album ini, posisi drum sudah diisi oleh Yukihiro yang menggantikan drummer lamanya, Sakura. Nomor-nomor seperti Niji, Winter Fall, Shout at the Devil, Milky Way dan Anata sangat dusukai penggemar. Bahkan, lagu Niji dipilih sebagai pengisi lagu tema anime Rurouni Kenshin (Samurai X) versi movie. Uniknya, pada tembang berjudul Loreley, sang vokalis Hyde meniupkan saksofonnya. Heart terjual sebanyak 1,5 juta kopi.

4. True
Bila ingin mendengar gebukan drum Sakura, album ini sangatlah tepat! True merupakan album terakhir saat Sakura masih berada di bawah tenda L`Arc-en-Ciel. Album yang rilis pada 1996 ini, memiliki tembang hits seperti Flower, Lies and Truth, dan The Fourth Avenue Cafe. Lagu The Fourth Avenue Cafe sempat menjadi tema penutup anime Rurouni Kenshin dan merupakan salah satu tembang yang digemari pendengar musik Jepang dan anime. Penjualan True menembus angka 1,4 juta.

5. Real
Apakah ada yang lupa dengan lagu Stay Away? Sepertinya tidak mungkin kalau fans Laruku melupakan lagu paling fenomenal tersebut. Real merupakan album yang menampung Stay Away serta beberapa nomor lainnya. Album kedelapan yang rilis pada 2000 silam ini, turut mencetak nomor-nomor lain seperti Neo Universe, Finale, Love Flies, Bravery dan Get out from the Shell. Setelah album ini dirilis, Laruku menjalani masa rehat yang cukup panjang karena semua personelnya sibuk bersolo karier. Barulah pada 2004 album Smile muncul sebagai pengobat rasa kangen fans.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.