by

Funky Kopral, Nafas Musik Funk Indonesia

  • Musik
  • 0
  • 06 Mei 2013 20:40
Musik beraliran funk memang sangat jarang diangkat di Indonesia dan masih sedikit musisi yang mengangkat aliran tersebut. Namun, bukan berarti dari dulu hingga sekarang tak ada band yang masih menonjol serta masih setia di jalur funk.

Funky Kopral adalah salah satu band yang tetap setia mengusung musik funk semenjak awal berdirinya pada 1998 silam. Sempat bergonta-ganti personel, Funky Kopral kini terdiri dari Hendry (vokal), Ilham (bass), Robby (drum) dan Dio (gitar). Robby merupakan satu-satunya personel yang masih bertahan sejak awal terbentuknya band ini.

Terbentuk di Jakarta, band yang juga sering menjelajahi berbagai macam label ini, mengawali debutnya dengan album berjudul Funchopat pada 1999 silam. Sebut saja lagu-lagu seperti Funchopat, Cassanova dan Depresi yang berhasil melambungkan nama mereka.

Pada album pertama, personel-personel lama seperti Anggara Mulia (vokal), Bondan Prakoso (bass), Oncy (gitar) dan Kristo Perwira (gitar) masih berkarya bersama band ini. Funkadelic Rhythm and Distortion yang rilis pada 2000 silam menandai awal mereka menjadi kuartet dengan keluarnya Kristo dari band.

Funkadelic Rhythm and Distortion semakin meninggikan nama Funky Kopral sebagai salah satu band di Indonesia yang patut diperhitungkan. Melalui album kedua ini, lagu Bagian Yang Hilang menjadi hits dan sangat digemari pendengar musik Indonesia. Disusul lagu Drop Dead Down yang mengubah kembali image mereka sebagai band funk cadas.

Album kolaborasi pertama Funky Kopral dirilis pada 2003. Album bertajuk Misteri Cinta ini merupakan kolaborasi mereka dengan musisi senior Setiawan Djodi. Album ini mengandalkan lagu-lagu seperti Tokek, Misteri Cinta, serta Revolusi Baru. Dalam album ini, muncul nama Iman Taufik Rachman sebagai pengganti Oncy yang akhirnya keluar.

Lalu pada 2006, mereka merilis album Lembaran Baru yang menjadi awal karier Ilham sebagai bassis Funky Kopral dalam menggantikan Bondan hingga kini. Ilham sendiri merupakan adik dari Iman Taufik Rachman, yang keluar sebelum album ini digarap. Posisi gitar pun turut diganti oleh personel bernama Echank. Mawarku, Funchopat 2 dan Cinta Suci menjadi andalan di album ketiga dan terakhir mereka bersama sang vokalis Angga.

Tak mau berlarut-larut dalam kekosongan, akhirnya Robby dan Ilham pun memilih Hendry sebagai vokalis baru serta Iqbal sebagai pengganti gitaris sebelumnya pada 2008 lalu. Album berjudul Funky Kopral pun dirilis pada 2010. Lagu seperti Bukan Hidupku, Dinda dan Soul Brother Number One dijagokan oleh mereka.

Sayangnya, lagi-lagi posisi gitar kosong pada 2011. Sehingga Robby, Ilham dan Hendry terpaksa harus lebih selektif dalam memilih personel. Dalam sebuah audisi, mereka melakukan jam session bersama. Saat nge-jam bersama Audio yang akrab disapa Dio, barulah chemistry di antara keempatnya bisa menyatu. Akhirnya kini Dio sudah menjadi gitaris tetap Funky Kopral.

Terwujudlah album baru Funky Kopral pada 22 Maret 2013 lalu yang berjudul Street Funk. Berisi sembilan lagu, kali ini Hendry, Ilham, Robby dan Dio bernaung di bawah bendera Greenland Indonesia. Tembang-tembang paten seperti Jakarta, Kita dan Bom menjadi andalan baru mereka. Lagu Jakarta dan Bom menjadi salah satu bentuk kegelisahan mereka dengan situasi lingkungan dan sosial yang ada saat ini.

Hingga kini, lagu-lagu Funky Kopral masih digemari oleh pendengar musik Indonesia baik generasi yang sudah mulai menua hingga generasi baru. Meskipun hingar bingar musik funk sudah jarang terdengar lagi, namun Funky Kopral masih tetap memiliki ruang untuk bisa selalu eksis dalam kancah musik funk. Bahkan saat diwawancara di SCTV Tower siang (6/5) tadi, Funky Kopral mengakui bahwa funk adalah satu-satunya musik yang bisa selaras dengan jiwa mereka.

Dalam kunjungannya tersebut, Funky Kopral sempat berpesan pada para pelaku musik di seluruh Indonesia. "Jangan berhenti berkarya, berkaryalah sesuai passion musik. Jangan Membohongi diri sendiri, serta jangan takut jika tidak laku, semua pasti ada jalannya," ujar mereka diwakili oleh Robby. Kepada fans, mereka berpesan agar selalu mengisi hari-harinya dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat.(Rul) (Ruly Riantrisnanto)
Comments
Sign in to post a comment