Sukses

Dengar Bengawan Solo versi Bahasa Asing Yuk

Lagu Bengawan Solo begitu kental dengan nuansa nostalgia yang membuat pendengarnya seolah larut ke dalam tenangnya Sungai Bengawan Solo.

Selain kekayaan alamnya begitu melimpah, Indonesia juga memiliki warisan berharga lainnya. Salah satunya adalah lagu-lagu daerah. Musik daerah memang begitu menarik. Karena selain bahasanya unik, pun dimainkan menggunakan alat musik Tradisional. Semisal lagu Bengawan Solo karya Gesang.

Lagu berirama keroncong yang diciptakan pada 1940 ini terinsipirasi dari sebuah sungai asli dengan nama yang sama di Jawa Tengah. Liriknya mendeskripsikan sungai tersebut dengan gaya yang nostalgia.

Setelah Perang Dunia II, pasukan Jepang yang kembali ke negaranya membawa lagu ini bersama mereka. Di sana, lagu ini menjadi populer setelah dinyanyikan berbagai penyanyi, di antaranya Toshi Matsuda.

Di Uni Soviet lagu itu dinyanyikan oleh penyanyi Maya Golovnya. Kini, Bengawan Solo setidaknya sudah dinyanyikan dalam 13 bahasa asing. Mau dengar seperti apa Bengawan Solo versi bahasa lain? Klik video di artikel ini ya..(Asw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini