Sukses

4 Cara Judika Menjaga Kualitas Vokal

Hal utama yang mesti dijaga bagi seorang penyanyi adalah kualitas vokalnya. Tentu saja, suara sudah seperti menjadi nyawa bagi kelangsungan kiprah di panggung hiburan.

Hal utama yang mesti dijaga bagi seorang penyanyi adalah kualitas vokalnya. Tentu saja, suara sudah seperti menjadi nyawa bagi kelangsungan kiprah penyanyi di panggung hiburan. Lalu bagaimana dengan Judika? Berikut 4 cara Judika menjaga kualitas vokal:

1. Cukup Istirahat
"Dulu sebenarnya istirahat nggak jadi patokan, karena nggak ada pekerjaan. Tapi sekarang, apalagi nyanyi setiap hari, onair dan offair. Begitu kurang istirahat kadang suara kita kelihatan nggak seperti orang dengar di CD, jadi nggak ber-power."

2. Vokalizing
Biasanya kalau kita nyanyi nggak vokalizing, ya kayak mobil kalau nggak dipanasin, suatu saat bisa cedera. Apalagi aku sering pakai nada-nada tinggi yang sangat rentan dengan cedera, jadi serak misalnya. Vokalizing kan nggak harus solmisasi ya, nyanyi-nyanyi kecil sebelum perfom juga bisa, buat pemanasan."

3. Selektif Pilih Makanan
"Apa yang masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi suara. Kalau aku, biasanya nggak boleh makan yang ter ter. Terlalu dingin misalnya. Aku nggak boleh makan es karena pita suara aku akan beku, nggak lentur, dan susah nyanyi nada tinggi. Terus juga makanan yang terlalu pedas. Pokoknya yang berlebihan. Gorengan juga nggak boleh."

4. Olahraga
"Yang ini juga sangat penting sekali karena kualitas suara tergantung juga dengan fitnya kondisi badan. Karena kerja kita itu kan nonstop."(Yaz/Asw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini