Sukses

Bob Dylan Bakal Dapat Penghargaan Tertinggi Prancis

Satu per satu penghargaan bergengsi diraih pelantun Blowin` in the Wind tersebut. Kali ini Bob Dylan yang sekarang genap berusia 72 tahun itu bakal menyabet penghargaan tertinggi Prancis, yakni Legion d`Honneur.

Semua indah pada waktunya. Ini mungkin tepat menggambarkan pengakuan terhadap Bob Dylan, musisi, penulis lagu, dan produser sekaligus aktivis kemanusiaan ternama asal Amerika Serikat.

Ya, satu per satu penghargaan bergengsi diraih pelantun Blowin` in the Wind tersebut. Kali ini seniman musik yang sekarang genap berusia 72 tahun itu bakal menyabet penghargaan tertinggi Prancis, yakni Legion d`Honneur.

Seperti dikutip Rolling Stone dari Reuters, Senin (3/6/2013), nominasi terhadap penyanyi bernama asli Robert Allen Zimmerman itu hampir gagal. Namun dewan beranggotakan 17 orang yang diketuai kanselir Jean-Louis Georgelin menegaskan bahwa nominasi Dylan telah disetujui.

Legion d`Honneur adalah penghargaan tertinggi Prancis yang dibuat Napoleon Bonaparte pada 19 Mei 1809. Penghargaan itu diberikan kepada masyarakat Prancis yang berjasa kepada negara dalam bidang apa pun. Seiring perkembangan zaman, penghargaan ini diberikan pula kepada warga asing.

Georgelin memuji penyanyi Amerika sebagai `penyanyi luar biasa dan penyair besar` dan `seniman yang luar biasa` pada Minggu lalu dalam sebuah surat kepada koran Prancis Le Monde.

Kanselir mengungkapkan, sebenarnya Dylan hampir keluar dari nominasi akibat adanya kontroversi, tapi hal itu tidak berlanjut.

Mingguan Le Canard Enchaine menulis pada Mei silam bahwa nominasi Dylan telah dihentikan lantaran sang pelantun The Times They are a Changing itu dianggap menentang Perang Vietnam pada dekade 1960-an. Padahal saat itu Prancis notabene mantan penguasa kolonial negeri tersebut. Dikabarkan pula, penolakan nominasi karena Dylan diduga erat dengan penggunaan narkoba.

Namun, beberapa lagu Dylan justru menjadi tembang wajib anti-Perang Vietnam dan salah satu motor pergerakan kaum muda Amerika Serikat sepanjang dekade 60-an. Dylan bahkan menahbiskan diri sebagai ikon budaya tandingan di seluruh dunia.

Perjuangan Dylan tak sia-sia. Pria kelahiran Duluth, Minnesota, AS ini dianugerahi sebuah gelar kehormatan tingkat pertama pada 1990. Dan pada Mei tahun silam, Bob Dylan menjadi salah satu penerima penghargaan sipil tertinggi di Amerika Serikat, yakni Medal of Freedom.

Serta pada bulan lalu, ia dilantik menjadi anggota kehormatan American Academy of Arts and Letters [baca: Kiprah Bob Dylan Kian Diakui].(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.