Sukses

Penulis Cerita '9 Summers 10 Autumns' Bikin Para Guru Terharu

Iwan Setyawan, penulis cerita film '9 Summers 10 Autumns' terkejut saat menyaksikan film yang diangkat dari kisah hidupnya tersebut.

Iwan Setyawan, penulis cerita film '9 Summers 10 Autumns' hadir pada rangkaian kegiatan 'Nonton Bareng Film Inspiratif 2013' di Tangerang, Banten, baru-baru ini. Iwan terkejut melihat banyaknya guru yang terharu saat menyaksikan film yang diangkat dari kisah hidupnya tersebut.

'9 Summers 10 Autumns' menjadi satu dari beberapa judul film inspiratif yang diputar pada kegiatan tersebut. Tak hanya nonton bareng, Iwan juga berbagi pengalamannya dengan ratusan guru. "Saya cuma mewakili jutaan orang lainnya yang berjuang untuk hidup lebih baik dari hari ini, dengan film ini saya ingin menyampaikan kepada generasi muda yang sekarang telah cenderung instan dan mengabaikan nilai-nilai, bahwa untuk mencapai puncak kesuksesan itu memerlukan proses, dan proses itu tidak mudah" ujarnya.

Ada rasa bangga ketika para guru menonton filmnya itu. "Guru adalah salah satu target audiens saya, karena menurut saya untuk membentuk seorang murid yang berkarakter dan memiliki nilai-nilai, sebelumnya para guru dahulu yang harus menguasai karakter dan nilai-nilai tersebut," sela Iwan. "Guru harus mampu menjadi contoh hidup dan mampu mengajarkan ini kepada murid-muridnya. Guru-gurulah yang dapat menyebarkan dan mengajarkan semangat dan nilai-nilai yang diangkat oleh film saya kepada anak didiknya," urai Iwan.

Ia juga berharap guru dapat mengubah bayangan yang selama ini mendiami benak murid, yakni identik dengan hafalan dan hitung-hitungan.

"Saya sangat sadar akan peranan guru dalam pembentukan generasi muda. Harta dan kesuksesan dapat dicari, namun intelektualitas tidak dapat dibeli. Di tangan guru-gurulah akan terlahir intelektual-intelektual muda," cetus Iwan.

"Selain '9 Summers 10 Autumns', pada acara ini juga diputar 'Brandal-Brandal Ciliwung' untuk sesi siswa, dan 'Surat Kecil Untuk Tuhan' untuk sesi umum dan dihadiri oleh ribuan orang selama 3 sesi yang berlangsung dari pagi hingga malam hari. Program ini juga diselenggarakan di 30 kota lainnya di seluruh Indonesia. Kebetulan pada saat yang bersamaan, program 'Persemaian Nilai Budaya-Nonton Bareng Film Inspiratif 2013' juga diselenggarakan di kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.(Jul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini