Sukses

Simak Alasan Idola Hallyu Hengkang dari <i>Group</i>-nya

Ada beberapa alasan mengapa personel boy band atau girl band hengkang dari group-nya. Kira-kira, apa masalahnya?

Group idol rombak personel? Itu sudah biasa. Ada beberapa alasan mengapa personel boy band atau girl band hengkang dari group-nya. Kira-kira, apa masalahnya?

1. Konflik dengan manajemen
Saat awal tahun 1990-an, ada beberapa kasus tentang konflik yang terjadi antara manajemen dengan group idol asuhannya. Biasanya, hal ini terjadi karena pembagian honor yang tak adil atau pembaruan kontrak kerja sama yang tak sesuai.

Salah satu kasus yang paling populer adalah TVXQ. Group idol yang terdiri dari lima cowok tampan ini, Changmin, Yunho, Junsu, Yoochun, dan Jaejoong, melakukan debut 2004 silam dan menjadi boy band paling ternama di KPop sepanjang sejarah. Namun, 2009 silam, tiga dari personelnya, Junsu, Yoochun, dan Jaejoong, memilih hengkang dari TVXQ karena honor yang tak adil.

SM Entertainment, manajemen yang menaungi TVXQ, sempat sengit hingga sempat menjegal JYJ dalam berkarier di dunia musik. Selama tiga tahun pertarungan antara JYJ dengan SM Entertainment, akhirnya, JYJ bisa lepas dari sangkar emas.

2. Alasan pendidikan dan kesehatan
Ada juga personel group idol yang memilih hengkang karena kondisi kesehatannya yang tak memadai untuk terus bergabung. Atau personel yang cabut karena ingin meneruskan pendidikannya. Hal itu dialami oleh Sun Mi `Wonder Girls`. Idola hallyu yang satu ini mengundurkan diri dari Wonder Girls setelah ikut menyukseskan girl band ini dengan lagu Nobody. Ia keluar karena ingin meneruskan sekolahnya.

3. Solo karier
Alasan lainnya personel group idol untuk keluar adalah ingin melakukan solo karier. Personel After School Ga Hee, misalnya. Ga Hee secara resmi keluar dari girl band yang membesarkan namanya ini. Ia menyatakan bersolo karier setelah menggelar konser After School `Graduation` di Tokyo Dome 17 Juni silam.

4. Kontroversi
Personel group idol memiliki tekanan dari penggemar. Hal itu dialami Jay Park. Mantan personel 2PM ini sempat dikucilkan dari dunia hallyu setelah bergabung dengan 2PM. Pasalnya, Jay Park yang lama tinggal di Amerika Serikat sempat mengucapkan kata-kata tak enak dan menyinggung tentang dunia artis KPop. Ia pun sempat mengungsi ke AS untuk menghindari kontroversi lebih lanjut.

5. Konflik Internal
Konflik internal biasanya juga mewarnai dalam perjalanan group idol. Salah satunya adalah personel yang merasa dikucilkan oleh rekan-rekannya. Hal itu dialami T-ARA. Hwa Young melepaskan predikat sebagai personel T-ARA karena dikabarkan di-bully oleh rekan-rekannya sendiri.

Namun, apapun alasan personel group idol meninggalkan boy band atau girl band-nya perlu dihargai. Pasalnya, mereka memiliki hak sebagai manusia untuk tetap meneruskan atau menghentikan langkah mereka dalam berkarier.(Des)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini