Sukses

4 Rahasia Efek Rumah Kaca Selalu Tampil Memukau

Di setiap penampilannya, Efek Rumah Kaca selalu tampil maksimal. Lirik tematik dibalut musik pop-rock menjadi ciri khas band ini.

Totalitas! Itulah kata pertama yang dapat menggambarkan band pop asal Jakarta, Efek Rumah Kaca. Di setiap penampilannya, baik di stage kecil maupun besar, mereka selalu tampil maksimal. Lirik-lirik tematik dibalut dengan musik yang dapat membuat eargasme menjadikan Efek Rumah Kaca band indie Indonesia bertaraf Internasional.

Tapi kira-kira apa yang membuat Cholil Mahmud (vokal, guitar), Adrian Yunan Faisal (bas, backing vokal), and Akbar Bagus Sudibyo (drums, backing vokal) selalu tampil memukau di atas panggung? Berikut 4 rahasia Efek Rumah Kaca yang diungkapkan Cholil:

1. Sound Check
Sebelum tampil di atas panggung mereka selalu menjajal terlebih dahulu sound yang akan mereka pakai. Meski cuman menjajal mereka selalu melakukannya dengan teliti sampai betul-betul bagus. "Yang pertama pastinya sound check harus bagus, karena kalau nggak bagus apa yang kita ingin kasih nggak dapat ke penonton."

2. Banyak Latihan
Band yang pertama kali menepaki jejak kariernya di belantika musik Indonesia sejak 2001 ini tidak pernah lupa untuk latihan. Di sela-sela jam manggung yang padat pun mereka selalu latihan agar bisa tampil maksimal di depan penonton. "Sebelum manggung kita pasti latihan yang banyak dulu. Biar kita betul-betul kompak di atas panggung."

3. Stamina Harus Kuat
Bila ke dua persiapan sebelumnya sudah dilakukan maka stamina yang menjadi hal penting berikutnya di atas panggung. Sebab, bila kondisi tubuh tidak fit akan mempengaruhi permainan. "Kalau nggak fit staminanya baru dua lagu nanti udah loyo dong."

4. Lirikan Mata
Nah, kalau untuk yang satu ini bisa dibilang penyempurna dari yang sebelumnya. Karena lirikan mata ini dianggap sangat penting bila mereka sedang di atas panggung. "Kita kan nggak bisa main sendiri-sendiri. Jadi, hal itu sangat penting apalagi kalau di antara kita ada yang tiba-tiba lupa. Pokoknya lirikan mata penting banget deh. Eye contact you, you contact I."(Rza/Asw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.