Sukses

Oktober Mendatang Pearl Jam Luncurkan Album Baru

Setelah sempat tertunda tahun silam, band grunge Pearl Jam akan kembali meluncurkan album terbaru pada 15 Oktober 2013.

Setelah sempat tertunda tahun silam, band grunge Pearl Jam akan kembali meluncurkan album terbaru pada tahun ini. Seperti diumumkan melalui situs resmi mereka, band veteran asal Seattle, Amerika Serikat ini akan merilis album ke-10 yang berjudul Lightning Bolt pada 15 Oktober mendatang.

Seperti diwartakan Billboard, Jumat (12/7/2013), salah satu lagu dari album tersebut, Mind Your Manners, telah tersedia untuk didengarkan. Pemesanan awal album juga sudah dapat dilakukan mulai sekarang.

Rolling Stone melansir, Lightning Bolt diproduseri Brendan O`Brien yang juga pernah bekerja sama dengan artis-artis seperti Bruce Springsteen, Audioslave, dan The Gaslight Anthem. Album ini adalah kelanjutan album Backspacer pada 2009.

Adapun sebelum mengumumkan perilisan album baru, Pearl Jam telah membeberkan jadwal tur di Amerika Utara. Konser bagian pertama akan diselenggarakan di Pittsburgh pada 11 Oktober dan berakhir di New Orleans.

Setelah itu, konser bagian kedua dihelat 15 November nanti di Dallas dan berakhir di kampung halaman mereka, Seattle pada 6 Desember 2013. Tiket pun mulai dipasarkan pada 26 Juli mendatang.

Pearl Jam yang dibentuk pada 1990 di Seattle, Washington, AS termasuk kelompok musik rock paling sukses pada dekade 90-an. Mereka adalah salah satu pelopor musik grunge. Bahkan dianggap salah satu dari empat besar bersama Alice in Chains, Nirvana, dan Soundgarden.

Band ini sekarang digawangi Mike McCready (lead guitar), Jeff Ament (bass), Matt Cameron (drums), Eddie Vedder (vocal), dan Stone Gossard (rhythm guitar). Pearl Jam paling sering bongkar pasang penggebuk drumnya. Mereka adalah Dave Krusen (1990-1991), Matt Chamberlain (1991) Dave Abbruzzese (1991-1994), dan Jack Irons (1994-1998).

Ten, album debut mereka menjadi album terpopuler pada dekade 90-an. Single Jeremy menjadi nominasi lagu rock terbaik dari Grammy Awards 1993. Pada tahun yang sama, Pearl Jam menyabet empat kali penghargaan dari MTV Video Music Awards. Hits lain adalah Once, Spin The Black Circle, Do The Evolution, Black, Nothingman, dan Wishlist.

Mereka juga sukses dengan sejumlah album terbarunya seperti Vs (1993), Vitalogy (1994), No Code (1996) yang dalam debutnya berada di peringkat pertama Billboard. Hingga saat ini Pearl Jam berhasil menjual lebih dari 50 juta kopi di dunia.(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.