Sukses

Nogizaka46, Saingan Resmi AKB48

Nogizaka46, idol group bentukan Yasushi Akimoto yang menjadi saingan resmi AKB48. Seperti apa mereka?

Idol group telah menjadi fenomena yang sangat luar biasa dalam mewarnai perkembangan industri musik di Negeri Sakura hingga di seluruh dunia. Salah satunya adalah dengan hadirnya AKB48 dan sister groupnya seperti NMB48, SKE48, SNH48, hingga JKT48. Namun, kini nama-nama tersebut harus bersiap dalam menghadapi rival terdekatnya, Nogizaka46.

Adalah sosok Yasushi Akimoto, yang juga turut membentuk AKB48, menjadi pelaku atas terbentuknya grup Nogizaka46. Yasushi awalnya merancang sendiri konsep idol baru yang ada di luar keluarga 48. Ia terinspirasi dari nama tempat SME Nogizaka Building dan angka 46 yang diartikan sebagai tantangan langsung untuk AKB48. Saat semua sudah matang, akhirnya ditampilkanlah Nogizaka46 ke muka publik pada 8 Agustus 2011 silam.

Satu hal yang membuat Nogizaka46 berbeda dengan sister group AKB48, mereka diresmikan sebagai saingan resmi AKB48 oleh Yasushi Akimoto. Nama Nogizaka46 sendiri memiliki makna tersendiri, yaitu 'Bahkan dengan anggota yang lebih sedikit dari AKB48, kami tak akan kalah'.

Selain memiliki beberapa single, Nogizaka46 juga memiliki acara sendiri. Sejak Oktober 2011, mereka telah membuka variety show milik sendiri berjudul Nogizakatte, Doko? (artinya Nogizaka Di Mana?). Bahkan pada April 2013 lalu, mereka juga merintis sebuah program radio berjudul Nogizaka46no, No.

Lalu bagaimana dengan penampilan mereka di atas panggung? Apakah sedahsyat AKB48 dan sister group lainnya? Bisa dibilang, secara kualitas musik maupun gerak di atas panggung sangatlah berbeda jauh.

Jika musik AKB48 memiliki beragam jenis aliran mulai dari rock hingga latin, Nogizaka46 lebih terpaku pada aliran pop balada. Koreografi tarian serta kostum yang dikenakannya pun tidak seheboh AKB48 beserta sister groupnya. Malah terkadang, mereka mengenakan kostum seragam sekolah di banyak penampilan.

Namun jangan salah, Nogizaka46 bukanlah idol group teater yang menunggu fans menyaksikan aksi mereka seperti layaknya AKB48 dan yang lainnya. Nogizaka46 lebih memilih untuk menemui langsung para fans mereka di seluruh penjuru Jepang.

Ditambah lagi, masing-masing dari seluruh personel yang jumlahnya lebih sedikit dari AKB48 ini, memiliki talenta dan keunikannya masing-masing. Semuanya berlatih di bawah tangan profesional hingga beberapa personel sempat kelelahan sampai jatuh sakit.

Meskipun begitu, hingga kini belum ada member yang keluar hanya karena mengeluhkan padatnya jadwal dan ketatnya latihan. Member yang sudah keluar pun masih bisa dihitung dengan jari, belum sebanyak saingan resmi mereka, AKB48.

Apakah ke depannya, akan ada sister group Nogizaka46 seperti layaknya NMB48 dan yang lainnya? Sangat menarik untuk disimak. Jika sister group mereka dibentuk di Indonesia, pastinya dunia permusikan tanah air bakal bertambah seru dan fans JKT48 pun harus berwaspada.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini