Sukses

6 Anime Ini Memiliki Rating Bagus Selama 2013

Di Jepang, terdapat beberapa seri anime televisi yang memiliki rating sangat baik pada tahun ini. Apa sajakah itu?

Di Jepang, menonton anime menjadi salah satu sarana untuk mengisi waktu. Baik orang tua, anak muda, hingga anak-anak pasti tidak akan melewatkan tayangan anime yang berkualitas dan bermutu. Dari sekian banyak anime yang sudah bertebaran, tak banyak yang mendapat tempat di hati masyarakat Jepang.

Selama 2013 ini, terdapat beberapa judul yang bisa dibilang memiliki rating atau tingkat kepopuleran dengan angka tinggi. Namun ada beberapa juga yang naik-turun, atau muncul tenggelam.

Lalu apa sajakah judul-judul anime yang selalu memiliki rating paling baik sepanjang 2013 ini? Berikut judul-judul anime di televisi yang kini masih digemari oleh rakyat Jepang, seperti diambil dari Anime News Network.

1. Sazae-san
Berasal dari manga berkonsep komik strip sebanyak 45 volume yang dirilis sejak 22 April 1946 hingga 21 February 1974, Sazae-san menghadirkan berbagai macam jalan cerita sehari-hari yang tidak terlalu berlebihan namun masih menarik untuk disimak.

Sazae-san berkisar mengenai wanita muda bernama Sazae yang tinggal bersama suami, anak-anak, dan orang tuanya. Awalnya, ia berpenampilan terlalu apa adanya, namun akhirnya Sazae pun mencoba untuk berlaku feminim. Pengaruh perang dunia ke-2 sangat kental dalam pembuatan awal manga ini.

Versi anime Sazae-san dirilis sejak 5 Oktober 1969 dan hingga saat ini masih terus berjalan dan terus disimak oleh rakyat Jepang. Jumlah episodenya sudah mencapai angka lebih dari 6900. Pada setiap cerita, disajikan durasi sepanjang 6-7 menit. Pengarang asli Sazae-san adalah mendiang Machiko Hasegawa yang merupakan pengarang manga wanita pertama di Jepang.

2. Chibi Maruko-chan
Buah karya Momoko Sakura yang diawali dari serial manga terbitan Agustus 1986 hingga April 2009 ini, sangat digemari oleh anak-anak perempuan terutama bagi yang masih mengenyam bangku Sekolah Dasar.

Anime yang mengetengahkan kehidupan sehari-hari karakter bernama Maruko ini, sempat tayang dua kali. Pertama kali mengudara pada 7 Januari 1990 hingga 27 September 1992 sebanyak 142 episode.

Lalu yang kini masih mengudara hingga lebih dari 900 episode, dimulai sejak 8 Januari 1995 silam. Temanya pun masih disenangi masyarakat Jepang. Perlu diketahui, nama asli karakter Maruko adalah Momoko Sakura yang merupakan nama sang pengarang sendiri. Bahkan, cerita Chibi Maruko-chan pun diambil dari pengalaman asli Momoko.

3. Doraemon
Anime Doraemon tentunya sudah tidak asing lagi di tanah air. Sejak 1989, anime ini tayang untuk pertama kali dan hingga kini masih berjalan. Berkisah tentang seorang anak pemalas bernama Nobita yang tiba-tiba kedatangan robot ajaib bernama Doraemon, cerita sehari-hari campur fiksi ini sempat menghipnotis penggemar manga dan anime di seluruh dunia.

Di Jepang, manga karangan Fujiko Fujio ini diterbitkan pertama kali pada 1969 hingga 1996 sebanyak 45 edisi. Untuk animenya sendiri, sempat ditayangkan sebanyak 3 kali, yaitu pada 1973, 1979, dan 2005 silam. Setiap tahun, Doraemon memiliki versi yang berbeda-beda, dan versi 2005 masih mendapat tempat di hati anak-anak jaman sekarang.

4. Crayon Shin-chan
Di Indonesia, nama Crayon Shin-chan sudah sangat tidak asing lagi, terutama di telinga penggemar manga dan anime. Karakter Nohara Shinnosuke ciptaan Yoshito Usui ini, sempat mengundang kehebohan karena menampilkan karakter anak kecil nakal yang bertingkah layaknya anak remaja.

Manga Crayon Shin-chan pertama kali diterbitkan pada Agustus 1990 hingga Maret 2010 sebanyak 50 volume. Anime televisinya tayang perdana sejak 13 April 1992 hingga kini dan telah diputar sebanyak 798 episode. Masyarakat Jepang pun masih mengapresiasi keunikan cerita yang dibuat oleh Yoshito Usui ini.

5. One Piece
Cerita One Piece bisa dibilang kebalikan dari judul-judul yang telah dibahas sebelumnya, dikarenakan banyaknya unsur laga di setiap penayangannya. Kisah mengenai sosok bernama Luffy yang ingin menjadi bajak laut ini, sedang mendulang sukses di banyak negara tak terkecuali Indonesia. Bahkan, di negaranya sendiri One Piece sudah semakin digandrungi.

Pertama kali diciptakan melalui media manga oleh Eiichiro Oda pada 4 Agustus 1997 silam, anime One Piece ditayangkan sejak 20 Oktober 1999 silam dan sudah mencapai lebih dari 600 episode hingga kini.

6. Detective Conan
Pastinya tak mungkin jika ada yang tidak kenal Conan Edogawa, sang detektif cilik yang memiliki wujud asli seorang remaja bernama Shinichi Kudo. Manga serta anime Detective Conan sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi para pembaca manga di tanah air.

Anime Detective Conan kini sudah mencapai episode yang ke-700 sejak penayangan perdananya pada 8 Januari 1996 silam dan masih mendapat tempat di semua kalangan penduduk Jepang. Bahkan, seri bioskop dari cerita karangan Aoyama Gosho ini sudah dibuat hingga 17 film.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.